Catat Tanggalnya! Kemenhub Kembali Gelar Program Mudik Gratis Lebaran 2024

Catat Tanggalnya! Kemenhub Kembali Gelar Program Mudik Gratis Lebaran 2024

ilustrasi program mudik gratis jelang lebaran 2024--freepik

SILAMPARITV.CO.IDCatat tanggalnya, kabarnya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan kembali menyelenggarakan program Angkutan Mudik Gratis di Lebaran 2024. 

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan masyarakat yang hendak mudik menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor.

Melansir dari laman viva.co.id, Jum'at (1/3/2024), Adita Irawati, selaku Juru Bicara Kementerian Perhubungan mengajak masyarakat untuk bergabung dalam program mudik gratis yang akan diselenggarakan Kementerian Perhubungan tersebut. 

BACA JUGA:Sudah Memasuki Maret 2024, BMKG Prediksi Daftar Wilayah Berpotensi Hujan Lebat, Angin Kencang Hingga Petir

"Selain penumpang, kami juga akan angkut sepeda motor secara gratis, sehingga bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan," ujar Adita.

Dirinya juga melakukan penghimbauan masyarakat supaya tidak mudik menggunakan sepeda motor, mengingat adanya potensi bahaya kecelakaannya sangat tinggi. 

Adita juga berharap, masyarakat bisa menggunakan transportasi umum atau memanfaatkan program mudik gratis dari Kemenhub tersebut.

BACA JUGA:Google Doodle Rayakan Hari Kabisat, Kamis 29 Februari 2024

“Kami tidak bosan-bosannya juga melakukan himbauan masyarakat agar tidak melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan sepeda motor, karena memungkinkan potensi tinggi terjadinya kecelakaan. Kami juga berharap, agar masyarakat mudik menggunakan angkutan umum atau memanfaatkan program mudik gratis ini," ucapnya. 

Dijelaskannya, program Mudik Gratis tersebut tersedia melalui jalur darat, laut, serta kereta api, yang digelar di beberapa titik simpul transportasi. Terkait jalur darat, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat menggelar program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk”.

Pendaftaran program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus ini bisa dilakukan melalui aplikasi Mitra Darat, yang pasalnya akan dibuka pada 5 Maret-3 April 2024. 

BACA JUGA:Berikut Link Pendaftaran Lowongan Kerja Terbaru PT Pertamina untuk Tingkat SMA, SMK, dan S1 Semua Jurusan

Kemudian arus mudik dan balik yang tersedia 722 unit bus untuk 30.088 penumpang, dan 30 unit truk untuk 900 unit sepeda motor.

"Keberangkatan dengan arus mudik akan dilakukan pada 5 April-7 April 2024, sementara keberangkatan arus balik akan dilakukan pada 14 dan 15 April 2024," ujar Adita. 

Sumber: