Dede Sunandar Didiagnosis Menderita Pneumonia, Badannya Lemas dan Sulit Berjalan

Dede Sunandar Didiagnosis Menderita Pneumonia, Badannya Lemas dan Sulit Berjalan

Foto komedian Dede Sunandar--

SILAMPARITV.CO.IDKabar kurang menyenangkan datang ke dunia hiburan tanah air, terutama dari komedian kondang Dede Sunandar. 

Dalam wawancara di acara "Pagi Pagi Ambyar", Dede Sunandar bercerita bahwa dirinya tengah mengalami gangguan kesehatan serius, termasuk didiagnosis menderita infeksi paru-paru. 

Dalam akunnya, Dede mengaku mulai merasakan ada yang tidak beres pada tubuhnya saat rutin berolahraga dan minum vitamin serta susu. Meski Dede berusaha menjaga kesehatannya dengan rutin berolahraga dan makan sehat, namun berat badannya tetap tidak bertambah.

BACA JUGA:Viral! Ammar Zoni Jual Akun Instagram Pribadinya Usai Bercerai, Dikabarkan Butuh Uang

Tujuannya untuk menambah berat badan, saya tidak tahu ketika saya memberinya susu dan vitamin, kondisinya tetap tidak membaik, bahkan dia semakin kesulitan bernapas, kata Dede seperti dikutip YouTube Trans TV resmi pada Sabtu (3 Maret 2024).

Dalam upaya mencari solusinya, Dédé awalnya mengira itu hanya batuk biasa. Namun, setelah menemui dokter umum, ia mendapat informasi yang mengkhawatirkan mengenai kondisi paru-parunya. Dokter menyarankan Dédé untuk memeriksakan diri ke dokter paru karena ada tanda-tanda masalah yang lebih serius. 

"Dokter umum bilang: 'Pak, saya kira perlu ke dokter paru, dokter paru, sepertinya ada yang berbeda di paru-parunya,'" jelas Dede lebih memilih.

BACA JUGA:Potret Raffi-Nagita dan Ayana Moon Menjadi Muslim Pertama di Asia: Jadi Duta Madrid Turismo Spanyol

Konsultasi dengan dokter spesialis paru memastikan bahwa Dédé menderita infeksi paru-paru. Meski dokter menyuruhnya meminum obat sesuai resep, Dédé mengungkapkan bahwa ia sering lupa jadwal minum obat bahkan memutuskan untuk tidak meminumnya lagi. 

Kegagalan Dédé dalam mematuhi pengobatan yang direkomendasikan dokter merupakan tantangan tambahan dalam perjalanan penyembuhannya.

Meski sudah empat bulan sejak ia didiagnosis mengidap infeksi paru-paru, Dédé masih mengakui bahwa penyakitnya badan pun melemah bahkan terasa nyeri saat bernapas. “Saya mengetahui hal ini 4 bulan lalu, 4 bulan lalu. Hanya saja saat saya datang ke sini, saya merasa agak sesak napas saat berjalan dan menaiki tangga,” kata Dédé.

BACA JUGA:Sering Makan Coklat Ternyata Dapat Meningkatkan Mood Jadi Lebih Baik, Cek Faktanya di Sini!

Menjelaskan kondisinya saat ini, Dédé mengungkapkan, meski rutin minum obat, ia berkali-kali melewatkan jadwal minum. 

"Sebenarnya penyakit paru-paru bisa diobati asalkan kita rutin minum obat di pagi hari," imbuhnya.

Sumber: