Ini dia 5 Hobi yang Bisa Menghasilkan Cuan, Salah Satunya Adalah Menulis

Ini dia 5 Hobi yang Bisa Menghasilkan Cuan, Salah Satunya Adalah Menulis

ilustrasi hobi menulis, menghasilkan cuan yang menguntungkan--freepik

SILAMPARITV.CO.IDSetiap orang pasti memiliki hobi masing-masing, mulai dari melukis, menulis, menggambar, dan lain-lain.

Namun, ternyata dengan hobi kita bisa menghasilkan cuan yang menguntungkan.

Berikut beberapa hobi yang bisa menghasilkan cuang, salah satunya adalah menulis.

Menulis adalah kegiatan yang dilakukan untuk mencatat apa yang diperoleh sebagai informasi, atau menuangkan berbagai ide si penulis dalam bentuk tulisan.

BACA JUGA:Mengubah Hobi Menjadi Peluang Usaha dan Membangun Kepribadian Dermawan: Kunci Sukses Mencapai Keseimbangan

Menulis ternyata juga menjadi salah satu hobi yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan cuan. Bagi yang memiliki hobi menulis, bisa menjadikan peluang baik ini untuk penghasilan sampingan.

Biasanya, kegiatan menulis ini menjadi pekerjaan freelance atau sampingan, namun tak sedikit orang menjadikan hobi nya menulis ini sebagai pekerjaan penuh waktu.

Banyak jenis menulis yang bisa menghasilkan cuan, seperti menulis bloger, menulis novel, menulis ulasan/review, menulis artikel, dan masih banyak lagi.

Pada saat menulis, penulis harus paham mengenai kata kunci (keyword) tulisan. Terlebih bagi penulis blog, biasanya harus melakukan riset terlebih dahulu terkait kata kunci yang nantinya akan disisipkan ke dalam artikel yang dibuat dan terbitkam di log.

BACA JUGA:Mengejar Mimpi dan Mengasah Psikologis Melalui Hobi: Persiapan Psikotes untuk Masuk TNI/Polri

Kemudian review atau ulasan, sebagaimana melansir dari laman Tirto.id, Rabu (6/3/2024), terdapat lebih dari 61 persen orang mencari ulasan online sebelum melakukan pembelian produk.

Artinya, menanggapi akan hal tersebut bahwa yang paling dicari dan dipercaya oleh orang lain adalah produk yang sudah diulas atau diberi penilaian. Sehingga, ini bisa menjadi salah satu peluang kamu untuk melanjutkan hobi di bidang menulis, dengan memberi ulasan/review dan hasilkan cuan yang menguntungkan.

Selain produk, kamu juga bisa memberikan ulasan atau review film terbaru atau yang sedang tren. Hal ini tentu sangat menarik perhatian kalangan pembaca.

Untuk konten blogger bisa menyalurkan hobi tulisannya ke beberapa perusahaan online storial.co, ketix, sweek, cabaca, dan lain-lain.

Sumber: