Memperkenalkan Alat Musik Tradisional dari Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Memperkenalkan Alat Musik Tradisional dari Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan

ilustrasi musik tradisional--freepik

SILAMPARITV.CO.IDSumatera Selatan merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang kaya akan budaya dan tradisi, termasuk dalam hal seni musik tradisional. 

Kota Lubuklinggau, salah satu kota di Sumatera Selatan, memiliki warisan musik tradisional yang unik dan kaya akan nilai sejarah. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa alat musik tradisional yang berasal dari kota ini.

1. Gendang Karo

BACA JUGA:Pj Wako Lubuklinggau Trisko Defriyansa Hadiri RUPS dan RUPSLB Bank Sumsel Babel

Gendang Karo merupakan alat musik yang biasanya digunakan dalam upacara adat suku Karo, yang juga ada di Kota Lubuklinggau. 

Gendang ini terbuat dari kayu dan kulit binatang yang ditarik ketat sebagai membran. Suara yang dihasilkan oleh gendang ini khas dan mengiringi berbagai upacara tradisional, seperti pernikahan adat dan upacara keagamaan.

2. Seruling Melayu

Seruling Melayu adalah alat musik tiup yang populer di kalangan masyarakat Melayu, termasuk di Kota Lubuklinggau. 

BACA JUGA:Melalui Program Master Painter, PT Jotun Indonesia Persiapkan Tukang Cat yang Berkualitas dan Handal

Terbuat dari bambu atau kayu, seruling ini memiliki nada yang lembut dan mendayu. Biasanya digunakan dalam berbagai kesempatan, mulai dari acara adat hingga hiburan rakyat.

3. Gambus

Gambus adalah alat musik dawai yang digunakan dalam musik Melayu. Gambus memiliki bentuk yang mirip dengan gitar namun dengan ukuran yang lebih kecil. 

Alat musik ini sering dimainkan dalam grup musik tradisional Melayu yang disebut "Kumpulan Gambus". Suara gambus memberikan sentuhan klasik dan merdu dalam musik tradisional Melayu yang dipentaskan di Lubuklinggau.

Sumber: