Rafflesia Arnoldi Kembali Mekar di KM 51

Rafflesia Arnoldi Kembali Mekar di KM 51

MEKAR- Bunga Rafflesia Arnoldi dengan lima kelopak berdiameter 90 Cm mekar sempurna di hutan lindung KM 51 Desa Tebat Monok Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu pada Minggu (5/6) lalu. (Foto : Istimewa)

KEPAHIANG- Puspa langka Rafflesia Arnoldi kembali mekar sempurna di hutan lindung KM 51 Desa Tebat Monok Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, Bunga yang mekar kali ini berwarna Orange dengan 5 kelopak yang memancarkan keindahan bagi mata yang melihatnya.


Untuk melihat keindahanRafflesia Arnoldi ini pengunjung mesti menyisiri jalan turun ke bawah. Karena lokasinya ditengah hutan lindung di KM 51. Jalan menuju ke lokasi mekarnya puspa langka Rafflesia Arnoldi berupa jalan tanah. Kalau tidak berhati-hati bisa saja pengunjung terjerembab. Pertengahan tahun ini bunga langka ini kembali mekar dengan sempurna.


Bunga bangkai demikian orang sering menyebutnya mekar sempurna pada Minggu 5 Juni 2022 lalu. Dari penjelasan Holidin, selaku pengelola budidaya Rafflesia Arnoldi di Kepahiang, bunga tersebut memang sudah lama dinantikan mekarnya. “Setelah mekar terungkap Rafflesia Arnoldi ini memiliki lima kelopak dengan diameter 90 centimeter,” jelas Holidin melalui pesan singkat di WA-nya, kemarin.
Pria yang merupakan pecinta dan pengelola puspa langka di Kepahiang menyebutkan, mekarnya Rafflesia Arnoldi menjadi perhatian masyarakat luas. Yang sengaja datang berkunjung ke sana. “ Saat mereka melihat bunga berukuran besar itu, para pengunjung merasa kagum,” ucap Holidin menambahkan Rafflesia Arnoldi hanya mekar selama tujuh hari. Setelah itu bunga ini akan layu dan mati. (Bud)

Sumber: