Inilah 7 Tips Merawat Rambut Agar Tidak Bercabang

Inilah 7 Tips Merawat Rambut Agar Tidak Bercabang

ilustrasi rambut bercabang--freepik

SILAMPARITV.CO.IDRambut bercabang seringkali menjadi masalah umum bagi banyak orang, terutama mereka yang rajin menggunakan alat styling panas atau terpapar polusi dan zat kimia. 

Untuk menjaga rambut tetap sehat dan mencegah bercabang, berikut adalah beberapa tips merawat rambut yang dapat Anda terapkan:

1. Pemotongan Rutin

Salah satu langkah pertama dalam mencegah rambut bercabang adalah dengan memotong rambut secara teratur. 

BACA JUGA:8 Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat

Pemotongan rutin membantu menghilangkan ujung rambut yang rusak dan memastikan pertumbuhan rambut yang lebih sehat. Disarankan untuk memotong rambut setiap 6-8 minggu, tergantung pada jenis dan kondisi rambut.

2. Hindari Panas Berlebihan

Alat styling panas seperti pengering rambut, catok, atau alat pengeriting seringkali dapat merusak struktur rambut dan menyebabkan bercabang. 

Jika memungkinkan, kurangi penggunaan alat panas atau atur suhunya pada tingkat rendah. Gunakan produk pelindung panas sebelum menggunakan alat styling untuk melindungi rambut dari kerusakan.

BACA JUGA:Ibu Hamil Tidak Dianjurkan Berpuasa, Ini Alasannya

3. Gunakan Sampo dan Conditioner yang Tepat

Pilih sampo dan conditioner yang sesuai dengan jenis rambut Anda. Rambut kering membutuhkan kelembapan tambahan, sementara rambut berminyak memerlukan produk yang tidak memberatkan. 

Hindari sampo yang mengandung bahan kimia keras dan berlebihan, karena hal ini dapat menyebabkan kekeringan dan kerusakan.

4. Hindari Pengeriting Rambut Basah

Sumber: