Apa Itu Insecure ? Berikut Penyebab, Akibat dan Cara Mengatasinya

Apa Itu Insecure ? Berikut Penyebab, Akibat dan Cara Mengatasinya

ilustrasi insecure--freepik

SILAMPARITV.CO.IDInsecure merupakan perasaan ragu, cemas dan kurang percaya diri yang dapat menghambat berbagai aspek kehidupan. Seseorang yang merasa tidak aman berpikir negatif tentang dirinya sendiri.

Rasa tidak aman adalah perasaan yang normal dan siapa pun bisa mengalaminya. Namun jika kondisi ini dibiarkan dalam jangka waktu lama, dapat memicu gangguan kesehatan mental seperti stres dan depresi. 

Yuk simak artikel dibawah ini untuk mengetahui lebih dekat penyebab, ciri-ciri, akibat dan cara mengatasi insecurity.

Apa itu Insecure?

BACA JUGA:Wajah Kamu Terkena Merkuri? Berikut 4 Cara Menghilangkannya!

Insecure adalah suatu kondisi yang ditandai dengan perasaan tidak aman, cemas dan tidak aman. meragukan tentang kemampuanmu, tentang dirimu sendiri. Kondisi ini bisa membuat seseorang khawatir terhadap tujuan hidup, hubungan, dan menghadapi permasalahan.

Bagi sebagian besar orang, perasaan tidak aman ini bisa mereda dan hilang dengan sendirinya. Namun, jika tidak ditangani dengan baik, rasa tidak aman dapat berujung pada rasa cemas yang berlebihan, kehilangan rasa percaya diri, dan depresi.

Penyebab rasa tidak aman

Penyebab rasa tidak aman bergantung pada kepribadian, keadaan yang dialami, dan lingkungan sekitar. Namun, penyebab ketidakamanan yang paling umum adalah:

BACA JUGA:8 Risiko Polusi Udara Bagi Kesehatan, Penting untuk Dipahami!

1. Anda pernah mengalami kegagalan

Salah satu penyebab paling umum dari rasa tidak aman adalah kegagalan dalam mencapai sesuatu. Melihat kegagalan dari sudut pandang negatif dapat menimbulkan perasaan cemas dan rendah diri.

2. Mendapatkan ulasan buruk

Rasa tidak aman bisa muncul karena tidak mampu merespons kritik dengan baik. Alih-alih menciptakan pribadi yang lebih baik, kritik tersebut justru menimbulkan perasaan tidak aman dan ragu pada diri sendiri.

Sumber: