1 Ramadhan Jatuh Tanggal Berapa? Kemenag Gelar Sidang Isbat Malam Ini

1 Ramadhan Jatuh Tanggal Berapa? Kemenag Gelar Sidang Isbat Malam Ini

Tangkapan layar kantor kementerian agama--simpatika.kemenag.co.id

SILAMPARITV.CO.IDMenjelang datangnya bulan suci Ramadhan 2024 ini, banyak pertanyaan kapan mulai dilaksanakannya puasa pertama atau jalannya 1 Ramadhan akan dimulai.

Berdasarkan hal tersebut, biasanya dari pemerintah bagian Kementrian Agama (Kemenag) akan mengadakan sidang isbat untuk penetapan awal Ramadhan.

Dilansir dari https://kemenag.go.id/ Minggu (10/03/2024), Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1445 H pada 10 Maret 2024.

Sidang Isbat tersebut direncanakan akan digelar di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, yang terletak di Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat.

BACA JUGA:Jalan Layang di Bantaian Sumsel Ambruk, Berikut Penyebabnya Ungkap BBPJN

Dalam penyelenggaraannya, Sidang Isbat ini akan dilakukan secara hybrid, baik daring maupun luring.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kamaruddin Amin menyatakan, bahwa kegiatan ini diadakan untuk memberikan layanan keagamaan kepada masyarakat guna memberikan kepastian terkait pelaksanaan ibadah Ramadan.

Hal ini disampaikan oleh Dirjen pada Rapat Persiapan Penetapan Awal Ramadan di Jakarta pada Senin (19/2/2024).

Menambahkan informasi tersebut, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib, menjelaskan bahwa Sidang Isbat akan melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

BACA JUGA:Ramadhan 1445 H Sebentar Lagi! Ratusan Warga Kelurahan B.Srikaton Antusias, Pawai Obor Pecah!

Selain itu, Sidang Isbat juga akan dihadiri oleh para duta besar negara sahabat serta perwakilan ormas Islam.

Adib juga menyebutkan bahwa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya juga akan turut serta dalam sidang tersebut.

"Kementrian Agama dalam hal ini mengundang ketua majelis ulama Indonesia (MUI) dan Komisi VIII DPR RI untuk hadir dalam sidang," tambahnya

Adib menerangkan bahwa Sidang Isbat akan terbagi menjadi tiga tahapan.

Sumber: