Tidak Usah Khawatir, Ini 3 Cara Menjaga Kesehatan Mulut Selama Puasa

Tidak Usah Khawatir, Ini 3 Cara Menjaga Kesehatan Mulut Selama Puasa

ilustrasi menjaga kesehatan mulut--freepik

SILAMPARITV.CO.IDSelama bulan puasa, tak perlu lagi khawatir bau mulut karena ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan mulut agar tidak bau.

Untuk mencegah terjadinya kondisi seperti sariawan, sakit gigi, atau gusi berdarah, maka perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mulut, terlebih saat bulan puasa

Untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut selama bulan puasa, kamu perlu rutin untuk mengonsumsi air putih hingga 2 liter per hari serta mendapat asupan buah-buahan. 

Lantas bagaimana cara  untuk menjaga kesehatan mulut selama bulan Ramadhan? Simak penjelasannya sebagai berikut:

BACA JUGA:Inilah 5 Obat Alami untuk Meredakan Pilek Saat Musim Hujan

Menurut Dokter gigi Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM) drg. Indira Larasputri, ada beberapa tips atau cara menjaga kesehatan mulut selama bulan puasa, yaitu: 

- Minum air putih 2 liter per hari 

Tips yang pertama untuk menjaga kesehatan mulut yakni dengan minum air putih sebanyak 2 liter atau delapan gelas air putih per hari. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kesehatan mulut saat berpuasa. 

"Lebih disarankan untuk mengonsumsi air sekitar dua liter, yaitu setelah kita buka puasa itu dua gelas, lalu dilanjutkan saat kita selesai tarawih ya sebelum tidur itu empat gelas, selanjutnya ketika sahur itu dua gelas lagi," ujar Indira dilansir dari Antara, Rabu (20/3/2024). 

BACA JUGA:Inilah 8 Bahaya Kandungan Merkuri Dalam Kosmetik

Indira mengungkapkan, dengan mengonsumsi air putih sebanyak delapan gelas per hari saat berpuasa, dapat membantu mulut dalam memproduksi air liur yang dibutuhkan dalam satu hari. 

Ia juga menjelaskan, peran air liur dalam membantu mencegah rongga mulut mengalami kekeringan yang dapat mengakibatkan gangguan, seperti bibir kering, pecah-pecah, hingga menyebabkan sariawan dan tentu sangat mengganggu momen puasa. 

Cara menjaga kesehatan mulut selama bulan puasa yakni dengan memastikan gigi dan mulut tetap bersih.

Kebersihan mulut yang tidak terjaga dapat menyebabkan timbulnya karang gigi, plak, bau mulut, dan masalah gigi lainnya. 

Sumber: