Waspada Nyamuk di Musim Hujan, Begini Tips Mengatasinya

Waspada Nyamuk di Musim Hujan, Begini Tips Mengatasinya

ilustrasi nyamuk--freepik

SILAMPARITV.CO.IDMusim hujan tiba, sudah tak heran salah satu hama yang sering muncul di kehidupan sehari-hari, yakni nyamuk.

Tak hanya mengganggu aktivitas tidur, nyamuk juga bisa mengakibatkan penyakit yang cukup serius seperti demam berdarah hingga malaria.

Untuk mengatasinya, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengusir nyamuk atau menghindari nyamuk agar tidak masuk ke rumah.

Berikut tips mengatasi nyamuk yang berdatangan saat musim hujan:

BACA JUGA:Berikut Cara Bayar Pajak Kendaraan Secara Online, Mudah Tidak Harus ke Samsat

1. Menjaga kebersihan lingkungan rumah 

Tips pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan menjaga kebersihan lingkungan rumah dan sekitarnya. Hal ini penting dilakukan karena termasuk langkah awal untuk mencegah nyamuk datang ke rumah.

Membersihkan genangan air di sekitar rumah juga sangat penting untuk dipastikan, genangan air yang biasa rentan seperti dalam bak mandi, pot bunga, atau ember yang tidak terpakai.

Seperti halnya pada nyamuk betina membutuhkan air untuk bertelur, jadi dengan menghindari atau mengurangi tempat genangan air, kamu dapat mengurangi populasi nyamuk di sekitar rumahmu.

BACA JUGA:Manfaat Me Time Untuk Kesehatan Mental

2. Menanam tanaman anti nyamuk

Tips selanjutnya adalah dengan menanam tanaman anti nyamuk. Ada beberapa jenis tanaman anti nyamuk seperti mint, lavender dan serai yang memiliki sifat alami untuk mengusir nyamuk.

Tambahan langkah pencegahan nyamuk yang efektif serta memberikan nuansa hijau yang menyegarkan, bisa dengan menanam tanaman-tanaman ini di sekitar rumahmu. 

3. Hindari adanya genangan air

Sumber: