Jangan Lakukan Hal Ini Jika Tidak Ingin Motor Matic Anda Rusak !

Jangan Lakukan Hal Ini Jika Tidak Ingin Motor Matic Anda Rusak !

Ilustrasi Kehabisan Oli--

SILAMPARITV.CO.ID - Salah satu hal yang sering kali terlupakan adalah penggantian oli pada motor matic. Meskipun mungkin terlihat sebagai tugas yang sederhana, tidak mengganti oli secara teratur dapat membawa risiko serius bagi kesehatan dan kinerja mesin kendaraan. Mari kita telaah lebih dalam tentang bahaya tidak mengganti oli pada motor matic.

BACA JUGA:Simak ! Berikut Manfaat Touring/Ridding Menggunakan Motor

1. Penurunan Kinerja Mesin

Oli berfungsi sebagai pelumas yang penting bagi mesin kendaraan, termasuk motor matic. Secara rutin mengganti Oli membantu menjaga kinerja mesin dengan mengurangi gesekan antar bagian mesin. Ketika Oli tua dan tercemar digunakan terlalu lama, kemampuannya untuk melumasi mesin menurun, yang dapat mengakibatkan peningkatan gesekan dan keausan pada komponen mesin.

2. Overheating Mesin

Oli yang kotor dan teroksidasi juga memiliki kemampuan pendinginan yang berkurang. Ini dapat menyebabkan mesin menjadi lebih rentan terhadap overheating atau kepanasan berlebihan, terutama pada bagian-bagian yang bergerak dengan cepat seperti mesin motor matic. Overheating dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin dan bahkan dapat mengakibatkan kegagalan mesin.

BACA JUGA:Dibalik Rasa Manisnya, Gula Dapat Menjadi Malapetaka Bagi Kesehatan

3. Penurunan Efisiensi Bahan Bakar

Mesin yang dilumasi dengan baik memiliki efisiensi yang lebih tinggi dalam pembakaran bahan bakar. Namun, ketika oli sudah kotor dan teroksidasi, gesekan tambahan yang dihasilkan dapat mengakibatkan penurunan efisiensi bahan bakar. Akibatnya, konsumsi bahan bakar kendaraan bisa meningkat secara signifikan, mengakibatkan biaya operasional yang lebih tinggi bagi pemilik kendaraan.

4. Risiko Kerusakan Mesin yang Parah

Pada akhirnya, tidak mengganti oli secara teratur dapat menyebabkan kerusakan mesin yang parah dan mahal untuk diperbaiki. Komponen mesin yang aus dan terganggu akibat kurangnya pelumasan yang baik dapat mengalami kerusakan permanen, yang memerlukan perbaikan atau penggantian yang mahal.

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah, Berikut Cara Implementasi Oli Original Honda Untuk Perawatan Kendaraan

5. Ancaman Kesehatan Pengendara

Selain dampaknya pada kinerja mesin, ketidakgantian oli yang tepat juga dapat membawa risiko bagi keselamatan pengendara. Jika mesin mengalami kerusakan yang serius akibat kurangnya pelumasan yang baik, ini dapat menyebabkan kegagalan mesin yang tiba-tiba dan bahkan kecelakaan yang mengancam jiwa.

Sumber: