BSD Membangun Kawasan Ekonomi Khusus: Pendidikan, Biomedis, dan Digital Menjadi Fokus Utama

BSD Membangun Kawasan Ekonomi Khusus: Pendidikan, Biomedis, dan Digital Menjadi Fokus Utama

ilustrasi membangun ekonomi--freepik

SILAMPARITV.CO.IDBumi Serpong Damai (BSD) di Tangerang Selatan, Banten, telah merangkul visi ambisius untuk menjadi pusat pengembangan kawasan terpadu yang menekankan pada sektor pendidikan, biomedis, riset, dan ekosistem digital. 

Melalui proyek strategis nasional, BSD berusaha untuk membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang diperkirakan akan mengundang investasi senilai Rp 18,54 triliun. 

Chief Transformation Officer Sinar Mas Land, Mulyawan Gani, mengungkapkan visi BSD untuk menciptakan lingkungan yang berfokus pada inovasi dan pertumbuhan di berbagai sektor kunci.

Kawasan BSD telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam 40 tahun terakhir, dengan pembangunan ekosistem pendidikan yang mencakup lebih dari 110 sekolah. 

BACA JUGA:Mengungkap Sisi Positif yang Patut Dibanggakan dari Orang Introvert: Menyelami Kekuatan yang Terpendam

Namun, BSD tidak berhenti di situ; dalam delapan tahun terakhir, mereka juga telah memperluas kehadiran mereka dalam ekosistem digital. 

Dengan mengadopsi konsep kota pintar, BSD berusaha untuk mewujudkan solusi kesehatan berbasis digital yang inovatif untuk mendukung masyarakat di sekitarnya. 

Pada saat ini, sudah ada delapan rumah sakit dan sejumlah klinik kesehatan yang beroperasi di wilayah tersebut.

Pengembangan KEK di BSD tidak hanya akan meningkatkan potensi ekonomi daerah, tetapi juga memberikan manfaat langsung bagi masyarakat melalui peningkatan akses terhadap pendidikan berkualitas, layanan kesehatan yang lebih baik, dan peluang ekonomi baru. 

BACA JUGA:Cermin Kemenangan Bagi 156.029 Siswa Melalui Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2024

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian sedang melakukan kajian mendalam terhadap usulan tersebut, menyoroti potensi BSD untuk menjadi pusat inovasi dan pertumbuhan di tingkat nasional.

Dengan demikian, BSD membuka jalan bagi pengembangan kawasan yang berkelanjutan dan inklusif, yang tidak hanya mencakup aspek ekonomi tetapi juga menempatkan penekanan pada peningkatan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan. 

Dengan fokus pada pendidikan, biomedis, dan ekosistem digital, BSD berada di jalur untuk menjadi motor penggerak ekonomi kreatif dan berkelanjutan di masa depan.

Sumber: