Lebaran Idul Fitri 2024 Diprediksi Serentak, Tunggu Sidang Isbat Digelar Besok

Lebaran Idul Fitri 2024 Diprediksi Serentak, Tunggu Sidang Isbat Digelar Besok

Ilustrasi Sidang Isbat--

SILAMPARITV.CO.ID - Rapat isbat penentuan 1 Syawal atau Idul Fitri 1445 Hijriah akan digelar besok Selasa (4/9).

Hasil ini diharapkan tidak ada bedanya antara pemerintah dan Muhammadiyah.

"Untuk Sidang Isbat tetap kami laksanakan pada tanggal 9 April 2024," kata Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki, usai Rapat Koordinasi Lintas Sektoral Operasi Ketupat 2024, Senin (25/3).

Insya Allah Idul Fitri akan dirayakan bersama bagi seluruh umat Islam di Indonesia.“Tetapi kemudian kami tegaskan kembali bahwa pertemuan Isbat akan kami adakan di Jakarta pada tanggal 9 April,” ujarnya.

BACA JUGA:Dampak Jangka Panjang Pedas Terhadap Kesehatan Lambung , Tantangan untuk Sistem Pencernaan

Potensi kesamaan ini disebabkan adanya persyaratan minimum bulan sabit dalam standar MABIMS (Kementerian Agama, Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia,  Singapura), yaitu tinggi minimum bulan sabit adalah 3 derajat dan perpanjangannya adalah 3 derajat. adalah. Jarak sudut antara bulan dan matahari minimal 6,4 derajat.

Muhammadiyah yang menggunakan kriteria Ujdul Hilal dalam menentukan awal bulan Hijriah, sebelumnya telah memutuskan Idul Fitri 1445 H jatuh pada 10 April 2024.

"Insyaallah Muhammadiyah akan ber-Idul Fitri pada 10 April 2024 dan tampaknya Idulfitri akan sama antara pemerintah dan Muhammadiyah," kata ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, di kantornya, Yogyakarta, Sabtu (6/4).

Soal kriteria bentuk hilal, Muhammadiyah tidak mempermasalahkan jumlah minimal hilal yang penting hasil perhitungan atau perhitungannya bernilai positif  tanpa perlu dilakukan observasi (Rukyat).

BACA JUGA:Manfaat Luar Biasa Daun Kelor

Meski demikian, perhitungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan bulan sabit 10 April  memenuhi syarat Idul Fitri versi MABIMS.

Perhitungan BMKG menunjukkan ketinggian Hilal di Indonesia saat matahari terbenam  9 April berkisar antara 4,88 derajat di atas Merauke, Papua. 

Suhu maksimum 7,63 derajat di Sabang, provinsi Aceh. Regangan geosentris  Indonesia saat matahari terbenam tanggal 9 April berada pada kisaran 8,39 derajat di Merauke, Papua. Suhu maksimum 10,22 derajat di Sabang, provinsi Aceh.

BACA JUGA:Pembudidaya Ikan Harus Tau! Hanya Pakai Bahan Ini, untuk Mengatur Suhu Air Budidaya

Sumber: