Tips Aman Membeli Motor Bekas Tanpa Rasa Takut Akan Penipuan

 Tips Aman Membeli Motor Bekas Tanpa Rasa Takut Akan Penipuan

--

SILAMPARITV.CO.ID - Jika ingin memebeli motor second berkualitas tentu boleh saja, Meskipun begitu, konsumen perlu melakukan pengecekan yang teliti terhadap kendaraan karena ini bukanlah pembelian pertama. Mereka tidak memiliki kepastian mengenai riwayat penggunaan motor oleh pemilik sebelumnya.

Namun, konsumen tidak perlu khawatir akan penipuan saat membeli motor bekas karena ada beberapa tips yang bisa membantu mereka mendapatkan motor bekas dalam kondisi yang baik.

Menurut pedagang motor bekas Sahabat Motor, Akbar, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa kondisi fisik dan mesin kendaraan.

BACA JUGA:ini Dia Daftar Harga Motor Honda, Yamaha dan Suzuki

Meskipun banyak orang cenderung hanya memperhatikan kondisi fisiknya saja, namun penting untuk juga memeriksa kondisi mesin.

Selain itu, pembeli juga harus memastikan keaslian surat-surat kendaraan, termasuk nomor mesin dan nomor rangka, meskipun sudah diperiksa oleh dealer sebelumnya. Perlu juga untuk memastikan harga dan apakah bisa dinegosiasikan atau tidak.

BACA JUGA:Pesaing PCX dan NMAX Motor Baru SYM Cruisym GT 150

Menurut Akbar, pembeli juga sebaiknya melakukan test ride terlebih dahulu sebelum membeli motor bekas untuk mengetahui secara langsung kondisi motor yang akan dibeli.

Sebagai tambahan, pembeli motor bekas harus memeriksa keseluruhan kondisi motor, termasuk menyalakan mesin untuk memeriksa bunyi dan tarikan gas, serta memperhatikan asap knalpot.

BACA JUGA:Ini Dia Motor Listrik Volta Manda, Apa yang bikin beda?

Selain itu, perlu juga diperhatikan jumlah oli dalam mesin dan apakah terjadi kebocoran oli setelah test ride.

Pembeli juga perlu memeriksa kondisi tangki bensin, ban, rem cakram, shock breaker, dan bagian lainnya.

Meskipun motor tidak dalam kondisi sempurna dari segi bodi, jika kondisi mesin masih bagus, maka tetap memungkinkan untuk dibeli.

BACA JUGA:Kawasaki Ninja Matic 160 Spesisifikasi Unggul! Pesaing Berat Nmax dan PCX

Sumber: