Doa Gusti

Doa Gusti

mzarifin umarzain
Kata nya, bank2 kini tak setujui pembiayaan untuk pomp bensin, karena masa depan pomp bensin kan suram? sampai kapan? pomp bensin kan berganti jadi penjualan/penukaran accu?

Toyota mesti nya bikin juga mobil listrik, agar tak ketinggalan teknologi/inovasi?

edi hartono
Saya pun pernah mencoba mobil listrik. Tapi yg ini beda. Luar biasa rasanya. Begini ceritanya.

Saya berangkat sekitar jam 9 malam dari Yogyakarta menuju Cilegon, Banten. Jalan malam, tidak panas dan jalan lebih sepi, injak gas bisa stabil, mobil lebih hemat tenaga.

Perkiraan lama perjalanan 11jam lewat jalan tol (include waktu di rest area ). Jarak sekitar 650km, jarak yg menantang untuk sekali perjalanan. Saya pastikan semua persediaan siap. Saya lihat indikator di mobil. Semua full. Aman.

Di perjalanan saya tertidur. Terbangun saat di rest area, pak sopir mau ngopi sebentar. "Tenang pak, ini mobil sudah dimodifikasi di bengkel khusus di Jogja, jadi lebih efisien," ucap pak sopir.

Luar biasa, bisa dibandingkan dengan Tesla nya pak Dahlan, pikir saya. Saya bisa kembali tidur dengan tenang. Perjalanan di lanjutkan. Saya terbangun lagi ketika masuk wilayah Jakarta, sekitar jam 6 pagi. "Aman pak?" tanya saya ke sopir. "Ya pak, aman," jawab sopir.

Mobil dari kemarin jalan terus. Hanya berhenti di rest area sekitar 30menit. Luar biasa ini mobil, pikir saya. "Satu jam lagi perkiraan sampai pak," ucap sopir.

Benar. Sekitar jam 7.30 pagi saya sampai di lokasi. Teman saya sudah menunggu di depan teras.

Saya keluar dari mobil Kijang, langsung salaman dengan teman saya, disambut camilan dan kopi panas.

Di rumah teman saya ini lah saya mencoba berbagai mobil listrik koleksinya. Luar biasa.

doni wj
Wah, kalau teknologi baterei 1000 km sudah masuk ke Indonesia perlu dibuat tulisan berserinya, Bah. Nanti diberi judul GANTI BATERAI.

Lalu tentang dunia permotoran dan permobilan saat ini. Bagaimana dunia itu punya alternatif transisi ke motor listrik. Pengalaman mengubah Jaguar bensin ke listrik tentu bisa memberi gambaran apa saja tantangan yang dihadapi. Semua ditulis di catatan berseri GANTI PENGGERAK.

Jangan lupa pula menjabarkan dunia produksi listrik di Indonesia. Berapa Mega Watt kebutuhan listrik di Indonesia saat ini dan ke depan. Dipenuhi dari berapa Pembangkit? Di mana saja? Berapa kapasitas masing-masing? Kalau tujuannya adalah energi baru terbarukan, apa saja alternatif tipe pembangkit yang tersedia? Bagaimana transisi dari pembangkit saat ini ke pembangkit hijau? GANTI PEMBANGKIT bisa jadi buku yang mengasyikkan.

Perlu narator untuk menjelaskan transformasi besar itu. Agar mindset energi hijau bisa benar-benar dipahami dan tertanam di benak masyarakat. Abah yang punya pengalaman, wawasan, dan kapabilitas, jelas cocok untuk menarasikan ini. Daripada kita semua GANTI KEPALA.. wkwkwkwk.

Sumber: