Bandara Sultan Mahmud Badaruddin 2 Beralih Status Menjadi Bandara Domestik

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin 2 Beralih Status Menjadi Bandara Domestik

Bandara SMB 2--

SILAMPARITV.CO.ID - PALEMBANG - Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) 2 Palembang yang sebelumnya merupakan bandara internasional kini statusnya beralih ke domestik. 

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Aufa Syahrizal, sebenarnya dari sisi kesiapan maskapai saat di Rakornas Pariwisata di Jakarta tahun 2023 pihak maskapai siap membuka penerbangan internasional.

"Seperti maskapai Air Asia, Scoot dan MAS sudah siap untuk buka jalur penerbangan Singapura-Palembang dan Kuala Lumpur-Palembang," katanya, Jumat (26/4/2024).

BACA JUGA:Berikut Harga Terbaru HP Xiaomi Redmi 13C di Bulan April 2024

Ia menilai, pertimbangan perubahan status oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI, disebabkan pemerintah ingin meningkatkan kunjungan wisatawan domestik melalui program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI). 

"Belum diaktifkan kembali menjadi internasional karena pemerintah sedang menjalankan program BBWI. Mengingat banyak potensi wisata Indonesia yang tak kalah menarik dengan obyek wisata dunia," ungkapnya.

Apalagi Sumsel masuk peringkat lima daerah paling banyak dikunjungi wisatawan domestik selain Sulawesi. Terlebih memang sejak pandemi penerbangan internasional di SMB II Palembang ditutup.

BACA JUGA:Semenjak RS Sobirin Pindah, Rumah Sakit AR Bunda Sangat Ramai Dikunjungi

Menurutnya, penerbangan internasional belum dibuka khususnya pada dua rute (Kuala Lumpur dan Singapura) tersebut karena lebih banyak masyarakat Sumsel yang berkunjung ke dua negara tersebut, bukan sebaliknya.

Sebagai informasi berdasarkan data di BPS Sumsel pada 2023 sebanyak 23 orang wisatawan mancanegara. Sedangkan Januari - Februari 2024 baru dua orang.

"Mereka berharap jika ada penerbangan internasional jumlah wisatawan yang datang ke Indonesia lebih banyak daripada yang pergi dari Indonesia ke luar," kata Aufa.

BACA JUGA:Tidak Hanya Kopi, 3 Minuman Ini Ternyata Bisa Jadi Penambah Semangat saat Lelah Kerja di Siang Hari

Namun menurutnya, meski level bandara turun, ia mengungkapkan jika Kemenhub mengabulkan penerbangan internasional khusus untuk haji dan umrah, langsung dari Palembang-Jedah bisa di SMB II Palembang.

Sumber: