Cemilan Favorit Banyak Orang, Ini dia 9 Tips Membuat Keripik Tempe Tapioka Renyah dan Gurih

Cemilan Favorit Banyak Orang, Ini dia 9 Tips Membuat Keripik Tempe Tapioka Renyah dan Gurih

keripik tempe tapioka renyah dan gurih--

SILAMPARITV.CO.IDKeripik tempe termasuk cemilan favorit yang disukai oleh banyak orang. Bahan baku yang digunakan untuk membuat cemilan satu ini yaitu tempe dan tepung tapioka.

Sekarang ini juga sudah banyak pengusaha yang membuat keripik tempe untuk dijual. Selain rasanya yang enak, renyah dan gurih, pembuatannya pun cukup mudah.

Untuk mendapatkan kelezatan optimal, tentu ada resep dan beberapa tips agar hasilnya menjadi lebih maksimal.

Berikut tips membuat keripik tempe tapioka dengan cira rasa renyah dan gurih:

BACA JUGA:Tidak Perlu Jauh ke Negaranya Langsung, Ini dia 3 Ide Makanan Korea yang Enak dan Mudah Dibuat!

1. Rendam dan kukus kedelai sebelum dicampur ragi, tetapi jika ingin lebih simpel bisa langsung beli tempe mentah yang masih berbentuk kedelai.

2. Gunakan tepung tapioka yang berkualitas supaya hasilnya bagus dan maksimal. Kadangkala, tepung yang kualitasnya buruk dapat membuat rasa dan tekstur keripik tempe menjadi tidak konsisten.

3. Untuk membuat bentuk keripik tempe dengan bundar sempurna, dapat gunakan plastik es berukuran sedang. Dengan menggunakan plastik tersebut, maka tampilan tempe akan konsisten dari ujung ke ujung.

4. Padatkan adonan ke dalam plastik, lalu tusuk-tusuk pakai jarum kecil supaya terfermentasi secara optimal. Jika tidak padat, maka dikhawatirkan adonan dapat ambyar.

BACA JUGA:3 Resep Praktis Nasi Daun Jeruk, Gurih dan Lezat Bisa Untuk Bekal Kerja

5. Perlu dilakukan fermentasi pada tempe selama kurang lebih 2 hari atau hingga adonan padat. Setelah itu pastikan disimpan pada tempat yang hangat dan kering.

6. Begitu adonan sudah siap, sobek plastik pakai ujung pisau atau bisa juga gunakan cutter. Lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak bentuk adonan.

7. Iris adonan setipis mungkin. Bisa gunakan pisau kecil atau parutan khusus untuk mendapatkan bentuk yang konsisten.

8. Celupkan potongan keripik tempe ke dalam larutan air dan bawang sebentar saja, hal ini supaya tidak terlalu lembek atau mudah patah.

Sumber: