Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan yang Wajib Kalian Tahu!

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan yang Wajib Kalian Tahu!

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan yang Wajib Kalian Tahu!--freepik

SILAMPARITV.CO.IDSetiap kali memperingati Hari Uang Republik Indonesia (HORI), Kementerian Keuangan rutin mengadakan kegiatan sosial yang melibatkan donor darah.

Donor darah adalah tindakan sukarela di mana seseorang memberikan sebagian dari darahnya untuk disalurkan kepada mereka yang membutuhkan.

Aktivitas ini dianggap sebagai tindakan baik dan juga bermanfaat bagi kesehatan. Selain membantu sesama dan menyelamatkan nyawa, mendonorkan darah juga dapat memberikan manfaat kesehatan bagi para pendonor.

Ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan dari kegiatan mendonorkan darah:

1.Mencegah Penyakit Kanker:

BACA JUGA:5 Rekomendasi Cemilan Sehat untuk Ibu Menyusui, Dapat Menaikkan Berat Badan Si Bayi

Salah satu manfaat utama dari mendonorkan darah adalah kemampuannya untuk menurunkan risiko kanker. Zat besi yang berlebihan dalam tubuh dapat meningkatkan produksi radikal bebas, yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

Dengan menyumbangkan darah, zat besi dalam tubuh dapat dikurangi, mengurangi risiko terjadinya kanker.

2.Mencegah Penyakit Jantung:

Donor darah juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Proses mendonorkan darah meningkatkan kesehatan darah dengan meningkatkan ketersediaan zat gizi dalam darah dan mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah.

BACA JUGA:Dampak Stunting pada Balita: Permasalahan Kesehatan yang Memerlukan Perhatian Serius

Ini dapat membuat aliran darah lebih lancar dan mengurangi beban kerja jantung.

3.Menurunkan Berat Badan:

Donor darah dapat membantu dalam program penurunan berat badan. Selama proses donor darah, sekitar 450 mililiter darah yang disumbangkan dapat membakar sekitar 650 kalori.

Sumber: