Oli Mesin Motor Sering Berkurang? Ketahui Penyebabnya Disini!

Oli Mesin Motor Sering Berkurang? Ketahui Penyebabnya Disini!

ilustrasi oli mesin motor bekas--gridoto.com

SILAMPARITV.CO.IDFaktanya, jumlah oli mesin sepeda motor yang terpakai semakin berkurang seiring penggunaan, hal ini merupakan hal yang wajar dan menandakan oli sepeda motor dalam keadaan baik. 

Namun jika jumlah oli mesin pada sepeda motor bekas turun terlalu banyak, ini pertanda adanya masalah. 

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab berkurangnya jumlah oli mesin pada sepeda motor bekas secara signifikan.

"Salah satu penyebab berkurangnya volume oli mesin dalam jumlah banyak adalah panas mesin yang berlebih," ucap Jemi Setiawan Manager Lubricants Sales & Marketing PT Nippon Oil Indonesia, pemegang merk oli Eneos di Indonesia dikutip dari laman GridOto, Rabu (15/5/2024). 

BACA JUGA:Honda Beat 150 2024 Motor Matic dengan Mesin Lebih Bertenaga dan Irit

Ia menambahkan, bahwa panas berlebih ini bisa disebabkan oleh cuaca atau panas yang ditimbulkan oleh mesin sepeda motor itu sendiri.

Selain itu, Jemi juga menambahkan bahwa berkurangnya jumlah oli mesin pada sepeda motor bekas juga bisa disebabkan oleh kondisi mesin yang tidak sehat.

Pengurangan oli mesin yang berlebihan juga bisa disebabkan oleh kondisi komponen mesin yang sudah aus.

Tips Agar Oli Mesi Motor Tidak Cepat Habis

BACA JUGA:Honda PCX 2024 Selalu Bikin Siapa Saja Tergoda

“Biasanya saya sarankan penggunaan oli mesin yang lebih kental untuk sepeda motor sehari-hari,” kata Zenal, kepala mekanik Rafi Matic, bengkel mobil sepeda motor, dikutip dari laman GridOto, Rabu (15/5/2024). 

Oli mesin yang lebih kental tidak masuk akal untuk digunakan pada sepeda motor yang sering digunakan oleh ojek online. 

“Oli mesin yang lebih kental lebih tahan terhadap serangan panas sehingga penguapan dapat diminimalisir pada penggunaan jarak jauh,” jelas Zenal. 

“Beberapa pelanggan saya sudah membuktikan, kalau diganti setiap 2.000 km, volumenya masih cukup besar. Artinya oli tidak banyak menguap,” imbuhnya.

Sumber: