5 Hewan Langka yang Hampir Punah

5 Hewan Langka yang Hampir Punah

5 Hewan Langka yang Hampir Punah--freepik

SILAMPARITV.CO.IDDi seluruh dunia, banyak spesies hewan yang menghadapi ancaman kepunahan akibat berbagai faktor seperti perusakan habitat, perubahan iklim, perburuan liar, dan perdagangan satwa ilegal.

Kehilangan satu spesies hewan tidak hanya mengurangi keanekaragaman hayati, tetapi juga dapat mengganggu ekosistem dan mempengaruhi kehidupan manusia.

Berikut ini adalah beberapa hewan yang sudah langka dan usaha yang dilakukan untuk melindungi mereka.

1. Harimau Siberia (Panthera tigris altaica)

BACA JUGA:4 Manfaat Rutin Cuci Muka Sebelum Tidur yang Harus Anda Ketahui

Status: Terancam Kritis

Harimau Siberia, juga dikenal sebagai harimau Amur, adalah salah satu subspesies harimau terbesar di dunia. Populasi mereka terus menurun akibat perburuan liar dan perusakan habitat di hutan-hutan Rusia Timur dan Cina Utara.

• Ancaman Utama: Perburuan liar untuk diambil bulu dan bagian tubuhnya yang dianggap berharga dalam pengobatan tradisional, serta hilangnya habitat akibat penebangan hutan.

• Usaha Pelestarian: Program konservasi melibatkan patroli anti-perburuan liar, pembentukan cagar alam, dan program pembiakan di penangkaran.

BACA JUGA:Apa Itu Batu Ruby Burma dan Ciri-Ciri Batu Ruby Burma Asli

2. Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus)

Status: Terancam Kritis

Badak Jawa adalah salah satu mamalia besar paling langka di dunia, dengan hanya sekitar 74 individu yang tersisa di Taman Nasional Ujung Kulon, Indonesia.

• Ancaman Utama: Kehilangan habitat, perburuan untuk cula mereka, dan penyakit.

Sumber: