Waw! KPU Lubuklinggau Butuh Rp38 Miliar

Waw! KPU Lubuklinggau Butuh Rp38 Miliar

Ilustrasi

LUBUKLINGGAU- – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau mengajukan anggaran Pilkada 2024 sebesar Rp 38 Miliar ke Pemkot Lubuklinggau. Anggaran diajukan dalam dua tahun anggaran.

Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih (Sosdiklih) Parmas dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Kota Lubuklinggau, Andre Affandi mengatakan bahwa KPU Kota Lubuklinggau secara keseluruhan mengajukan anggaran Pilkada serentak Rp 38 Miliar. Dari total anggaran tersebut terbagi dalam dua tahun anggaran yakni tahun 2023 dan 2024.

“Untuk tahun 2023 KPU Kota Lubuklinggau mengajukan Rp2 Miliar dan 2024 Rp 36 Miliar,” jelasnya, Jumat (19/8/2022).

Andre mengakui bahwa total anggaran Pilkada 2024 yang diajukan naik dibandingkan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 Rp 25 Miliar. Kenaikan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) disebabkan beberapa faktor diantaranya honor tenaga Adhock penyelenggara Pilkada naik sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK)
“Tentu ado kenaikan dari anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sebelumnya Rp 26 Miliar. Kenaikan anggaran itu karena beberapa faktor. Pertama honorium penyelenggara Adhock sesuai Peraturan Menteri Keuangan (PMK),” akunya.

Baca Juga : Keberatan Gaji PPPK Dibebankan ke Daerah

Selain itu disebabkan kenaikan harga barang, serta disebabkan pengadaan Alat Kesehatan (Alkes) Protokol Kesehatan (Prokes) dan terakhir terkait jaminan kesehatan bagi penyelenggara Adhock.

“KPU menyusun anggaran ini sudah memperhatikan efesiensi karena kito memaklumi kondisi keuangan daerah. Anggaran yang disusun itu sudah diangka maksimal dalam melaksanakan pilkada,” jelasnya.
Menurutnya proposal anggaran Pilakda sudah disampaikan ke Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau. Bahkan pihaknya sudah audiensi dengan Komisi I DPRD Kota Lubuklinggau.

“Masih dalam proses. Kami masih menunggu pembahasan bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD). Harapan kami sesuai arahan pimpinan untuk dapat 1x Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) meski 2 tahun anggaran,” jelasnya. (lipostreaming)

Sumber: