5 Suplemen yang Merusak Ginjal Jika Dikonsumsi Berlebihan

5 Suplemen yang Merusak Ginjal Jika Dikonsumsi Berlebihan

5 Suplemen yang Merusak Ginjal Jika Dikonsumsi Berlebihan--freepik

SILAMPARITV.CO.IDGinjal adalah organ vital yang berfungsi menyaring limbah dan racun dari darah, mengatur keseimbangan cairan tubuh, serta menjaga kesehatan metabolisme secara keseluruhan.

Mengonsumsi suplemen dengan dosis yang tidak tepat dapat membebani ginjal dan menyebabkan kerusakan. Berikut adalah lima suplemen yang bisa merusak ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan:

1. Vitamin D

Manfaat

Vitamin D penting untuk kesehatan tulang, sistem kekebalan tubuh, dan fungsi otot. Vitamin ini membantu tubuh menyerap kalsium, yang esensial untuk tulang yang kuat.

BACA JUGA:4 Gejala Awal Penyakit Jantung dan Pencegahannya

Risiko Berlebihan

Mengonsumsi terlalu banyak vitamin D dapat menyebabkan hiperkalsemia, yaitu kondisi di mana kadar kalsium dalam darah menjadi terlalu tinggi. Hiperkalsemia dapat menyebabkan kerusakan ginjal, batu ginjal, dan gangguan fungsi ginjal.

2. Vitamin C

Manfaat

Vitamin C adalah antioksidan yang penting untuk sistem kekebalan tubuh, kesehatan kulit, dan penyembuhan luka. Vitamin ini juga membantu penyerapan zat besi dari makanan.

BACA JUGA:Mandi Malam Apakah Bahaya bagi Tubuh?

Risiko Berlebihan

Dosis tinggi vitamin C (lebih dari 2.000 mg per hari) dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal oksalat. Oksalat adalah senyawa yang bisa mengkristal dalam ginjal dan menyebabkan nyeri serta kerusakan.

Sumber: