10 Makanan Penurun Kolesterol yang Ampuh

10 Makanan Penurun Kolesterol yang Ampuh

10 Makanan Penurun Kolesterol yang Ampuh--freepik

SILAMPARITV.CO.IDKolesterol tinggi adalah salah satu faktor risiko utama penyakit jantung. Oleh karena itu, penting untuk mengatur asupan makanan agar kolesterol dalam tubuh tetap terkendali.

Berikut adalah sepuluh makanan yang terbukti efektif dalam menurunkan kolesterol:

1. Oatmeal

Oatmeal kaya akan serat larut yang dapat membantu mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat). Serat larut bekerja dengan cara mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan mengeluarkannya dari tubuh sebelum diserap.

2. Kacang-kacangan

BACA JUGA:4 Gejala Awal Penyakit Jantung dan Pencegahannya

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan pistachio mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan serat yang membantu menurunkan kolesterol LDL. Selain itu, mereka juga kaya akan protein nabati dan nutrisi penting lainnya.

3. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, makarel, dan sarden kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik) dan menurunkan kolesterol LDL. Omega-3 juga membantu mengurangi peradangan dan risiko penyakit jantung.

4. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL. Gunakan minyak zaitun sebagai pengganti lemak jenuh seperti mentega dalam masakan sehari-hari.

BACA JUGA:4 Gaya Hidup yang Bisa Jadi Penyebab Timbulnya Penyakit Hati

5. Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal dan serat yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL. Selain itu, alpukat juga mengandung fitosterol yang dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Sumber: