Cermati Tagihan Listrik, Ketua YLKI Sumsel Ajak Masyarakat jadi Pelanggan yang Cerdas

Cermati Tagihan Listrik, Ketua YLKI Sumsel Ajak Masyarakat jadi Pelanggan yang Cerdas

Ketua YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) Sumsel Dr. R. M. Taufik Husni, S.H.,M.H., menghimbau agar masyarakat dapat bijak dalam mencermati tagihan listrik pasca selesainya masa diskon tarif listrik 50 persen yang berlaku di bulan Januari-Februari l--Foto: ist

Salah satu solusi dalam mengelola tagihan listrik adalah dengan memanfaatkan fitur-fitur aplikasi PLN Mobile. Pelanggan PLN dapat langsung mengecek jumlah pemakaian listrik dan besaran tagihan di Riwayat Penggunaan listrik pada aplikasi PLN Mobile.

Selain itu, guna mengatur anggaran rumah untuk mengetahui estimasi jumlah tagihan listrik, masyarakat juga dapat memanfaatkan fitur Swacam.

General Manager PLN UID S2JB, Adhi Herlambang, menjelaskan bahwa PLN selalu berkomitmen memberikan layanan yang transparan kepada pelanggan. Menurutnya, jika terjadi lonjakan tagihan, hal ini dapat berkaitan langsung dengan pola pemakaian listrik yang berubah.

BACA JUGA:Panduan Jawaban IPAS Kelas 3 SD Halaman 175 Kurikulum Merdeka, Bantu Siswa Hadapi Ujian Sekolah dengan Percaya

BACA JUGA:Dua Orang Diduga Pasutri Tewas di Tempat dalam Kecelakaan Maut di Musi Rawas, Mobil Toyota Sigra Tabrak Sepeda

“Peningkatan jumlah tagihan listrik tentunya dapat terjadi terkait dengan konsumsi listrik yang bertambah, terutama pada penggunaan alat elektronik seperti AC, pemanas air, oven,

atau peralatan rumah tangga lainnya. Kami pastikan juga bahwa tarif listrik tidak mengalami kenaikan di periode Januari hingga Maret 2025” ujar Adhi.

Adhi juga mendorong masyarakat untuk memanfaatkan aplikasi PLN Mobile, khususnya fitur Swacam (Swadaya Catat Meter). Melalui fitur ini, pelanggan dapat secara mandiri mencatat angka kWh meter dan memperoleh estimasi tagihan listrik pada akhir bulan.

“Fitur Swacam ini sangat bermanfaat agar pelanggan bisa memantau pemakaian listrik bulan berjalan secara real-time, sehingga tidak kaget saat menerima tagihan. Kami ingin pelanggan menjadi lebih bijak dan nyaman dalam menggunakan listrik,” tambah Adhi.

BACA JUGA:Kunci Jawaban ESPS IPAS Kelas 6 SD Volume 2 Halaman 51 Kurikulum Merdeka: Panduan Belajar Menjelang Ujian

BACA JUGA:Kesuksesan UMKM Unici Songket Silungkang, Upaya BRI Dorong Produk Warisan Budaya Tembus Pasar Internasional

Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan dapat mengunduh aplikasi PLN Mobile melalui Google Play Store atau App Store, serta menghubungi layanan pelanggan PLN melalui aplikasi atau Contact Center PLN 123.

Sumber:

Berita Terkait