Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 256-260 Kurikulum Merdeka: Bantu Siswa Siapkan Diri Hadapi Ujian Sekolah

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 256-260 Kurikulum Merdeka: Bantu Siswa Siapkan Diri Hadapi Ujian Sekolah

Kunci Jawaban IPS Kelas 9 Halaman 256-260 Kurikulum Merdeka: Bantu Siswa Siapkan Diri Hadapi Ujian Sekolah--ist

SILAMPARITV.CO.ID - Dalam rangka mendukung proses belajar siswa kelas 9 Sekolah Menengah Pertama (SMP), sebuah video edukatif yang membahas kunci jawaban mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) halaman 256 hingga 260 dari buku Kurikulum Merdeka kini tengah ramai diperbincangkan.

 

Video tersebut diunggah oleh kanal YouTube Media Pembelajaran, dan dirancang untuk menjadi alat bantu belajar siswa dalam memahami materi sekaligus mengoreksi hasil kerja mandiri mereka sebelum menghadapi ujian sekolah yang semakin dekat.

Evaluasi

BACA JUGA:Apel Gabungan dan Halal Bihalal Warnai Semangat Disiplin dan Sinergi Pemkot Lubuklinggau Pasca Idul Fitri 1446

BACA JUGA:Prabowo Pimpin Panen Raya Nasional: Bukti Nyata Komitmen Pemerintah Wujudkan Kedaulatan Pangan

1. DGs Media Compact adalah ...

a. lembaga internasional untuk kampanye SDGs.

b. badan kerja sama dunia untuk kampanye SDGs.

c. program kerja sama untuk kampanye SDGs.

d. rencana peningkatan kampanye SDGs.

Jawaban : c

 

2. Direktur UNIC Francyne Harrigan mengajak semua media di seluruh dunia untuk ikut mengampanyekan SDGs. Program SDGs dinilai perlu dikampanyekan secara optimal untuk ...

a. meningkatkan keterlibatan dari pemerintah.

b. mengoptimalkan partisipasi dari seluruh kalangan masyarakat.

c. mendorong peningkatan kesadaran di wilayah yang tidak ter-jangkau media.

d. mengembangkan perusahaan media di seluruh dunia.

Jawaban : b

BACA JUGA:Panduan Belajar! Ini Pembahasan dan Kunci Jawaban IPAS Kelas 5 SD Halaman 2 Kurikulum Merdeka Topik A

BACA JUGA:Rupiah Terjun Bebas Usai Libur Lebaran, Tembus Rp 17.000 per Dolar AS: Terendah Sepanjang Sejarah!

 

3. Satu contoh tindakan yang dapat kita lakukan untuk ikut mengam-panyekan SDGs adalah

a. mendorong pemerintah untuk melaksanakan program SDGs.

b. mempelajari secara mandiri setiap isu yang dijadikan sasaran dalam SDGs.

c. meminta pihak PBB untuk mengevaluasi SDGs secara rutin.

d. menyebarluaskan informasi mengenai SDGs melalui berbagai cara.

Jawaban : d

 

4. Perhatikan grafik berikut.

 

 

 

Pernyataan manakah yang sesuai dengan informasi di dalam grafik tersebut?

BACA JUGA:Kunci Jawaban Post Test Modul Keterampilan Mengajar PJOK: Ini Bukan Termasuk 3 Karakteristik Pedagogis

BACA JUGA:Resmi! Gaji PNS dan Pensiunan Naik 16 Persen di 2025,Prabowo Juga Janjikan Kenaikan Gaji Guru Rp2 Jt Per Tahun

a. Tingkat kemiskinan di Indonesia terus menurun sepanjang tahun.

b. Profil kemiskinan adalah salah satu indikator keberhasilan SDGs.

c. Pandemiditahun 2020 menyebabkan penurunan angka kemiskinan.

d. Tantangan pencapaian SDGs meningkat di tahun 2020.

Jawaban : d

 

5. Apa contoh tindakan yang bisa kita lakukan untuk mengurangi angka kemiskinan di Indonesia?

a. Memberikan sejumlah uang kepada orang tidak mampu untuk membeli makanan.

b. Membuat program pemberdayaan masyarakat dalam berbagai bentuk.

c. Menuntut pemerintah untuk melakukan program pengentasan kemiskinan.

d. Meminta dana kepada lembaga kerja sama internasional.

Jawaban : b

 

b. Esai

 

1. Seperti yang sudah kita pelajari, masyarakat di dunia memiliki keragaman dalam berbagai hal seperti ciri fisik dan budayanya.

 

a. Menurutmu, mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Jawaban:

BACA JUGA:Jadwal TV Rabu 9 April 2025: Arsenal vs Real Madrid LIVE di SCTV, The 5th Wave & Blood Father Tayang di Trans

BACA JUGA:Lewat UMKM EXPO(RT), BRI Bantu Pengusaha UMKM Aksesori Ini Dapatkan Akses Pasar di Kancah Global

Menurut saya, hal tersebut bisa terjadi karena setiap masyarakat tinggal di berbagai wilayah dengan tantangan alam yang berbeda-beda. Ciri-ciri fisik dan budaya dipengaruhi oleh tempat di mana masyarakat itu tinggal.

 

b. Bagaimana kita harus menyikapi perbedaan tersebut?

Jawaban:

Menyikapi perbedaan, sikap yang harus dilakukan adalah saling menghargai sehingga kita semua bisa hidup dengan harmonis.

 

 

 

2. Dunia kita terbagi ke dalam beberapa wilayah yang terdiri dari banyak negara. Meskipun demikian, setiap negara saling bekerja sama satu sama lain dalam berbagai bentuk kerja sama internasional. Menurutmu, apa penyebab terjadinya kerja sama internasional?

Jawaban:

Menurut saya, kerja sama internasional terjadi karena sebagian besar masyarakat yang tinggal di satu wilayah tidak dapat memenuhi semua kebutuhannya secara mandiri seiring dengan meningkatnya sistem kehidupan sehingga mereka membutuhkan kerja sama dengan wilayah lain. Selain itu, kerja sama internasional dapat terjadi karena masyarakat yang tinggal di berbagai wilayah dunia memerlukan hubungan dengan wilayah lain untuk saling menjaga maupun untuk saling memenuhi kebutuhannya.

BACA JUGA:Penyaluran Bansos PKH Gunakan Aplikasi IKD Mulai Agustus 2025, Pemerintah Targetkan 10,5 Juta Keluarga

BACA JUGA:Ada Pemutihan, Cek Pajak Kendaraan Kini Semakin Mudah, Ini 3 Cara Praktis yang Bisa Dilakukan di Rumah

 

3. Melalui politik bebas aktif, Indonesia selalu mencoba untuk berperan dalam berbagai bentuk kerja sama internasional. Indonesia aktif melakukan hubungan bilateral dengan berbagai negara dan ikut berkontribusi dalam berbagai kerja sama di lingkup kawasan

dan dunia.

 

Apa saja peran yang telah dilakukan oleh Indonesia dalam kerja sama internasional dan apa manfaat yang telah Indonesia dapatkan dari kerja sama tersebut?

Jawaban:

Peran yang telah dilakukan Indonesia:

- Mendirikan ASEAN

- Menyelenggarakan Asian Games

- Menyelenggarakan Konferensi Asia-Afrika

- Menjadi tuan rumah bagi berbagai siding internasional

- Menjadi anggota dewan keamanan PBB

 

 

 

4. Terdapat 17 isu dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) yang sedang diupayakan oleh negara-negara di dunia untuk bisa tercapai di tahun 2030. Pilih salah satu isu SDGs tersebut yang terjadi di lingkungan atau daerah sekitarmu, lalu uraikanlah informasinya melalui beberapa poin berikut:

BACA JUGA:Kunci Jawaban IPAS Kelas 6 SD Halaman 61 Kurikulum Merdeka: Panduan Belajar Soal Pertanyaan Esensial

BACA JUGA:Inilah Jawaban Post Test Modul 1: Tujuan Pendampingan Kepala Sekolah dalam Implementasi Program Pembelajaran

a. Nama Isu

b. Keterangan/Penjelasan

c. Contoh permasalahan yang terjadi

d. Solusi yang dapat dilakukan

 

Jawaban:

a. Isu: Kota dan pemukiman yang berkelanjutan

b. Keterangan/penjelasan:

Isu ini berkaitan dengan tujuan dunia untuk membangun sistem kehidupan masyarakat yang tidak merusak lingkungan sehingga setiap aktivitas bisa dilakukan secara berkelanjutan.

c. Contoh permasalahan yang terjadi:

Contohnya adalah persoalan sampah di lingkungan saya yang masih belum terkelola dengan baik. Produksi plastik dan sampah rumahan yang disatukan di tempat pembua-ngan akhir akan terus menggunung setiap tahun dan menimbulkan permasalahan lingkungan.

d. Solusi:

Solusinya adalah setiap masyarakat bisa mulai mengelola sampah dengan melakukan pilah sampah. Sampah organik dijadikan kompos sementara sampah non organik didaur ulang. Jika semua masyarakat melakukannya maka tujuan membangun kota dan pemukiman yang berkelanjutan-akan tercapai.

 

5. Perhatikan cuplikan teks berita berikut.

a. Menurutmu, mengapa masyarakat Indonesia bisa menghasilkan sampah plastik yang begitu banyak dibandingkan dengan negaranegara lainnya di dunia?

Jawaban:

BACA JUGA:Pemerintah Kembali Salurkan Dana PIP Mulai 10 April 2025: Ribuan Siswa Kelas Akhir SD, SMP, SMA, dan SMK

BACA JUGA:Misteri Kematian Robert Marlando Terungkap: Pesta Miras dan Narkoba Berujung Maut, Enam Orang Ditangkap

Menurut saya, masyarakat sudah terbiasa menggunakan plastik karena lebih murah dan praktis. Persoalannya masyarakat tidak menyadari dampak buruk dari penggunaan plastik bagi lingkungan.

 

b. Apa solusi yang dapat kita lakukan untuk menghadapi isu tersebut?

Jawaban:

Solusi yang dapat kita lakukan:

- Masyarakat perlu mendapatkan sosialisasi mengenai dampak buruk sampah plastik yang tidak terkelola.

- Masyarakat harus membangun sistem pengolahan sampah yang berkelanjutan dengan memilah dan mendaur ulang sampah tersebut.

 

 

 

 

- Pendidikan mengenai lingkungan lebih ditingkatkan di persekolahan agar sejak sekolah dasar setiap orang sudah terbiasa menjaga kelestarian alam.

BACA JUGA:Pemerintah Pusat Tegaskan Larangan Pengangkatan Honorer Baru, Pemda Diminta Fokus Tuntaskan Status Non-ASN

BACA JUGA:Waspada Ketombe Basah! Ini Penyebab Utama dan Cara Ampuh Mengatasinya Agar Rambut Kembali Sehat dan Bersih

Sumber:

Berita Terkait