Rusia Mulai Pakai Internet Satelit Saingi Starlink

Jumat 19-07-2024,20:00 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

SILAMPARITV.CO.IDKetika internet satelit Starlink menjadi populer, Rusia berencana menawarkan internet berkecepatan tinggi melalui satelit.

Melansir dari otomotif.sindonews.com, Jum'at 19 Juli 2024, bahwa operator sistem satelit mengorbit non-geosstasioner baru menyediakan koneksi Internet. 

Pengguna perorangan atau perusahaan transportasi nantinya dapat membeli pemancar yang dipasang di mobil, pesawat, atau kereta api untuk koneksi internet.

BACA JUGA:5 Situs Paling Banyak Dikunjungi di Dunia

Pada Mei 2024, Kereta Api Rusia menandatangani perjanjian kerja sama mengenai penerapan teknologi satelit dengan perusahaan luar angkasa Rusia BURO 1440. 

Berdasarkan perjanjian tersebut, kedua belah pihak akan mengembangkan layanan digital berbasis satelit orbit rendah dan menciptakan solusi TI yang populer untuk industri transportasi.

“Layanan berbasis satelit orbit rendah diperlukan untuk mengangkut penumpang dan kargo di seluruh Rusia, termasuk penggunaan kendaraan tak berawak,” kata Yevgeny Charkin, kepala teknologi informasi di Kereta Api Rusia. Perusahaan akan mulai menguji pendekatan ini pada awal tahun depan. 

BACA JUGA:Proyektor ViewSonic PJB716K: Bioskop Pribadi di Rumahmu dengan Resolusi 4K

Pada saat yang sama, Menteri Pengembangan Digital, Komunikasi dan Media Massa Rusia Maksut Shadayev mengatakan Wi-Fi akan tersedia di pesawat Rusia mulai tahun 2028. 

Awal tahun ini, Rusia berencana meluncurkan 737 satelit orbit rendah pada tahun 2030 untuk menambah jumlahnya kecepatan internet terestrial.

Menurut dokumen dari Komisi Frekuensi Radio Nasional, pihak berwenang berencana mengalokasikan beberapa pita frekuensi kepada "pihak yang tidak ditentukan" untuk pengembangan, produksi, dan penggunaan terminal sistem non-geostasi di Rusia. Penggunaan peralatan satelit diperkirakan tidak memerlukan izin.

BACA JUGA:Perbedaan Charger 1 Ampere dengan 2 Ampere, Pengisian Daya Lebih Cepat yang Mana?

Kategori :