Tips Memilih Karir yang Tepat Untuk Fresh Graduate

Jumat 11-08-2023,16:02 WIB
Reporter : admin
Editor : admin

Silampari TV - Memilih karir setelah lulus kuliah adalah langkah yang penting dalam menentukan kehidupan seseorang. Keputusan ini akan mempengaruhi terhadap masa depan yang akan dilalui. Namun dengan begitu banyak pilihan yang tersedia, memilih karir yang tepat dapat menjadi tugas yang menantang. Pemilihan karir yang tepat dapat membantu kita mencapai  tujuan pribadi, seperti finasial dan kemapanan. Sebagai fresh graduate tentunya masih sangat awam dan membingungkan dalam menentukan karir yang tepat untuk dijalani. Menurut Menurut Praktisi Human Resource (HR) Kementerian BUMN Vina A Muliana, fresh graduate perlu mempersiapkan talenta yang harus dimiliki calon pekerja. 1.Pelajari tentang konsep 3C Saran pertama yang diberikan Vina adalah memahami konsep 3C (clarity, competitiveness and connections). Clarity berarti mengetahui arah karir yang dituju, atau memperjelas karir seperti apa yang cocok untuk kita jalani. Lewat clarity, fresh graduate bisa bertanya kepada diri sendiri soal jenis karir dan model perusahaan yang menjadi target. Selanjutnya adalah Competitiveness berarti memiliki kemampuan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan. Competitiveness ini bisa diasah selama kuliah, antara lain aktif mengikuti organisasi kampus, atau mengikuti magang. Yang terakhir Connections atau memperkuat hubungan. Connections Ini penting tidak hanya dalam mencari pekerjaan, tetapi juga untuk kelangsungan hidup di masa depan. "Jangan merasa ketika mau berkarier, teman-teman merasa mau berjuang sendiri. Hal itu bergantung bukan hanya kemampuan tetapi relasi dari yang teman-teman miliki," kata Vina.

  1. Tulis Resume yang menarik
Menurut Director of HC Services Pertamina Hulu Energi Abimanyu Suryadi, banyak resume yang dianggap sepele padahal sangat penting dalam dunia kerja. Oleh karena itu, beberapa aspek perlu diperhatikan saat menulis Resume. Aspek-aspek ini meliputi informasi tentang nama depan dan belakang, alamat, nomor telepon, alamat email. Selanjutnya, penting untuk menyertakan bukti sertifikasi, prestasi, pengalaman ekstrakurikuler.
  1. Menguasai Keterampilan Umum
Hal yang tak kalah penting selanjutnya menurut Vina adalah memiliki keterampilan umum. Dengan memilikinya, maka fresh graduate bisa lebih mudah dalam menyesuaikan diri selama memupuk karir. Menurut Vina, hal hal yang harus dikuasai fresh graduate ada 8 yaitu 1.) Kemampuan Mengembangkan diri 2.)Kemampuan berkomunikasi 3.) Kepemimpinan 4.) Profesionalisme 5.) Berpikiran kritis 6.) Mampu bekerja sama dengan tim 7.) Dapat berintegrasi 8.) Melek teknologi
Tags :
Kategori :

Terkait