Begini Cara Masak Tumis Daun Ubi Agar Tampilan Tetap Hijau dan Segar

Minggu 25-08-2024,16:00 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

BACA JUGA:Cara Masak Kembang Kates Agar Tidak Pahit, Mudah Langsung Sat Set

BACA JUGA:Resep Praktis Semur Telur Tahu Tempe, Kuah Rempah yang Menggugah Selera

1/2 sendok teh gula

100 ml air (atau sesuai kebutuhan)

Cara Memasak:


daun ubi tumis--kompas.com

Blansir Daun Ubi: Agar daun ubi tetap hijau dan tidak kehilangan kesegarannya, blansir daun terlebih dahulu. Rebus air dalam panci besar hingga mendidih. Masukkan daun ubi ke dalam air mendidih selama 2-3 menit, lalu angkat dan tiriskan. Segera rendam daun dalam air es untuk menghentikan proses pemasakan dan menjaga warna hijau. Setelah itu, peras daun untuk menghilangkan sisa air.

Tumis Bumbu: Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan berwarna keemasan. Jika Anda suka pedas, tambahkan irisan cabai merah dan tumis bersama bumbu hingga sedikit layu.

BACA JUGA:Sayuran Pare Ternyata Bisa Diolah Jadi Keripik yang Gurih? Begini Cara Buatnya!

BACA JUGA:Resep Ayam Sambal Bawang yang Nikmat untuk Makan Siang

Tambahkan Tomat: Masukkan potongan tomat ke dalam wajan dan aduk rata. Biarkan tomat sedikit layu dan mengeluarkan jusnya, yang akan menambah rasa dan aroma pada tumisan.

Masukkan Daun Ubi: Tambahkan daun ubi yang telah diblansir ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu dan tomat. Jangan masak terlalu lama agar daun ubi tetap hijau dan tidak kehilangan teksturnya.

Beri Bumbu: Tambahkan kecap ikan atau kecap manis, garam, dan gula. Aduk rata dan masak selama beberapa menit hingga semua bahan tercampur merata dan daun ubi menyerap bumbu. Sesuaikan rasa sesuai selera.

Sajikan: Setelah tumisan daun ubi matang dan bumbu meresap, angkat dari wajan dan sajikan selagi hangat. Tumis daun ubi ini cocok disajikan sebagai lauk pendamping nasi putih atau hidangan utama lainnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, tumis daun ubi Anda akan tetap hijau segar dan memiliki rasa yang lezat. Proses blansir sebelum memasak adalah kunci utama untuk menjaga warna dan nutrisi daun ubi.

BACA JUGA:Resep Bandeng Bumbu Kuning, Lezatnya Bikin Nafsu Makan Naik

Kategori :