3 Tips Hilangkan Stres: Dijamin Manjur, Nomor 2 Jarang Diketahui!

Selasa 27-08-2024,09:57 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani


Ilustrasi Progressive Muscle Relaxation--freepik

Mungkin tidak banyak yang tahu, tetapi teknik "Progressive Muscle Relaxation" atau PMR adalah cara yang sangat efektif untuk mengatasi stres. Teknik ini melibatkan pengencangan dan kemudian pelepasan otot-otot tubuh secara bertahap, yang membantu meredakan ketegangan fisik dan mental. 

Caranya adalah dengan mulai dari kaki, kencangkan otot-otot kaki selama 5-10 detik, lalu rilekskan. Lanjutkan ke otot betis, paha, dan seterusnya hingga ke otot wajah. 

BACA JUGA:10 Rekomendasi Style yang Cocok Untuk Kalian, Buruan Coba!

BACA JUGA:Menjaga Hubungan Tetap Harmonis: 8 Cara Menghadapi Seseorang yang Menjauh

Teknik ini membantu tubuh dan pikiran untuk secara bertahap memasuki keadaan rileks, yang sangat berguna terutama sebelum tidur atau setelah hari yang melelahkan.

3. Menghabiskan Waktu di Alam


Ilustrasi Menghabiskan Waktu di Alam--freepik

Penelitian menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di alam dapat secara signifikan mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan. Berjalan di taman, mendengarkan suara burung, atau hanya duduk di bawah pohon dapat memberikan efek menenangkan yang kuat. 

Kontak dengan alam membantu mengalihkan perhatian dari kekhawatiran sehari-hari dan membawa perasaan damai. Jika memungkinkan, cobalah untuk menyisihkan waktu setiap hari atau setiap minggu untuk berada di luar rumah, bahkan jika hanya sebentar.

BACA JUGA:Sulit Namun Harus Diusahakan, Ini 7 Cara Move On dari Hubungan yang Toxic

BACA JUGA:Amalkan Doa Ini untuk Lapangkan Hati dari Banyaknya Masalah

Dengan menerapkan ketiga tips ini, Anda dapat mengatasi stres dengan lebih efektif dan menjaga kesejahteraan mental Anda. Ingatlah bahwa merawat diri sendiri adalah investasi terbaik untuk kesehatan jangka panjang.

Kategori :