Begini Cara Cegah Karang Gigi Muncul, Cukup Pakai Bahan Alami

Selasa 03-09-2024,15:00 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

Cukup ambil satu sendok makan minyak kelapa, kemudian berkumurlah selama 10-15 menit sebelum meludahkannya dan menyikat gigi seperti biasa. Lakukan oil pulling ini setiap pagi sebelum makan.

3. Menggosok Gigi dengan Kulit Jeruk


ilustrasi membersihkan karang gigi--halodoc

Kulit jeruk mengandung vitamin C dan asam yang dapat membantu memecah plak dan memutihkan gigi. Anda bisa menggosokkan bagian dalam kulit jeruk langsung ke gigi selama beberapa menit. 

BACA JUGA:Rekomendasi 4 Sarapan yang Perlu Kalian Hindari, Agar Perut Tidak Buncit

BACA JUGA:Cewek Wajib Tahu! Ternyata Ini Penyebab Kamu Sering Sakit Saat Haid

Selain mencegah karang gigi, kulit jeruk juga dapat membantu menghilangkan bau mulut. Lakukan ini secara teratur, terutama sebelum tidur, untuk mencegah pembentukan karang gigi.

4. Mengunyah Daun Sirih

Daun sirih telah lama dikenal dalam budaya tradisional Indonesia sebagai bahan alami untuk menjaga kesehatan mulut. Mengunyah daun sirih dapat membantu membersihkan gigi dan mencegah pembentukan karang gigi karena sifat antibakteri yang dimilikinya. 

Selain itu, mengunyah daun sirih juga dapat membantu memperkuat gusi dan mengurangi risiko peradangan.

5. Minum Teh Hijau

BACA JUGA:Catat Girls, 4 Tips Ini Dapat Hindari Bibir Kering

BACA JUGA:4 Cara 'Membersihkan' Ginjal Secara Alami, Bisa Dilakukan di Rumah

Teh hijau kaya akan antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi serta antibakteri yang dapat membantu menjaga kesehatan mulut. 

Minum teh hijau secara teratur dapat mengurangi penumpukan plak dan mencegah karang gigi. Pastikan untuk memilih teh hijau tanpa gula untuk mendapatkan manfaat maksimal.

Dengan menggunakan bahan-bahan alami ini secara teratur, Anda bisa mencegah pembentukan karang gigi secara efektif. Namun, penting juga untuk tetap menjaga kebersihan mulut dengan rutin menyikat gigi, menggunakan benang gigi, dan berkonsultasi dengan dokter gigi secara teratur.

Kategori :