Tumbuh Uban Tanda Kekurangan Vitamin Apa? Cek Disini!

Selasa 17-09-2024,09:20 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

SILAMPARITV.CO.IDTumbuhnya uban sering dikaitkan dengan penuaan, tetapi beberapa orang mengalami rambut beruban lebih awal, bahkan di usia muda. 

Selain faktor genetik, gaya hidup, dan stres, munculnya uban dini juga bisa menjadi tanda tubuh kekurangan vitamin dan mineral penting.

Melansir dari laman Heathline, Selasa (17/9), kekurangan Vitamin B12 Salah satu penyebab utama munculnya uban di usia muda adalah kekurangan vitamin B12. 

Vitamin ini berperan penting dalam menjaga kesehatan sel darah merah dan saraf, serta membantu produksi DNA, termasuk dalam sel rambut. Jika tubuh kekurangan vitamin B12, produksi melanin (pigmen yang memberi warna pada rambut) bisa terganggu, sehingga rambut mulai beruban. 


ilustrasi rambut beruban--siloam hospital

BACA JUGA:5 Manfaat Makan Mentimun, Bisa Turunkan Gula Darah

BACA JUGA:5 Manfaat Brokoli untuk Kesehatan, Bantu Kesehatan Jantung

Konsumsi makanan kaya vitamin B12, seperti daging, telur, susu, dan makanan yang diperkaya, dapat membantu menjaga kesehatan rambut.

Kekurangan Biotin (Vitamin B7) Biotin dikenal sebagai vitamin yang penting untuk kesehatan rambut, kulit, dan kuku.

Kekurangan biotin bisa menyebabkan rambut rapuh, rontok, dan bahkan perubahan warna rambut menjadi lebih abu-abu atau putih. Sumber biotin termasuk kacang-kacangan, biji-bijian, telur, dan ikan.

Kekurangan Tembaga Mineral tembaga berperan dalam produksi melanin yang bertanggung jawab atas warna rambut.


ilustrasi rambut beruban--liputan6.com

BACA JUGA:4 Cara Alami Pudarkan Area Lipatan yang Gelap, Wajib Tahu Girls!

BACA JUGA:Fakta atau Mitos: Makan Kacang Bisa Timbulkan Jerawat? Ini Kata Ahli Kesehatan!

Kekurangan tembaga dapat mengganggu proses produksi pigmen ini, sehingga rambut lebih cepat beruban. Makanan seperti hati sapi, kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah sumber tembaga yang baik.

Kategori :