Begini Cara Cepat Atasi Mobil Saat Pecah Ban di Kecepatan Tinggi

Selasa 17-09-2024,16:00 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

SILAMPARITV.CO.IDPecah ban saat berkendara, terutama pada kecepatan tinggi, merupakan situasi yang menegangkan dan bisa sangat berbahaya. 

Memahami langkah-langkah yang tepat untuk mengatasi pecah ban dengan cepat dan efektif dapat membantu Anda menghindari kecelakaan serius. 

Berikut adalah panduan singkat tentang cara menangani pecah ban saat melaju dengan kecepatan tinggi, dilansir dari laman National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), Selasa (17/9).

1. Tetap Tenang dan Jaga Kendali


ilustrasi ban mobil pecah--suzuki indonesia

BACA JUGA:Suzuki Luncurkan Motor Baru Sport Fairing 2025, Ini Tampang dan Harganya!

BACA JUGA:5 Mobil Mewah yang Paling Banyak Dibeli di Indonesia, Harganya Sentuh 24 Miliar

Ketika ban pecah, reaksi pertama yang sering muncul adalah panik. Namun, sangat penting untuk tetap tenang.

Cobalah untuk menjaga kendali mobil dengan perlahan dan stabil. Jangan melakukan gerakan mendadak atau berusaha untuk langsung mengerem secara drastis, karena hal ini dapat menyebabkan mobil tergelincir atau kehilangan kontrol.

2. Hindari Langsung Menginjak Rem

Saat ban pecah, banyak pengemudi cenderung langsung menginjak rem dengan keras, tetapi ini bisa berbahaya. Sebagai gantinya, lepaskan pedal gas secara perlahan untuk mengurangi kecepatan mobil tanpa membahayakan stabilitas kendaraan. Hindari pengereman yang mendadak yang dapat menyebabkan mobil tergelincir.

BACA JUGA:6 Kelebihan Motor Listrik Uwinfly Golden Turtle, Motor Listrik Murah Hanya 11 Jutaan

BACA JUGA:Bergaya Trail Jadul, Yamaha Luncurkan Motor Barunya dengan Konsumsi BBM Lebih Irit

3. Arahkan Mobil ke Jalur yang Aman

Secara perlahan, arahkan mobil ke jalur atau area yang lebih aman, seperti bahu jalan atau tempat parkir yang dekat. Usahakan untuk tetap pada jalur dan hindari mengubah arah secara tiba-tiba. Jika Anda berada di jalan raya, gunakan lampu sein untuk memberi tahu pengemudi lain tentang niat Anda untuk berpindah jalur.

Kategori :