6 Cara Jitu Merespon Orang yang Suka Silent Treatment Menurut Psikolog

Rabu 09-10-2024,12:30 WIB
Reporter : Rizty Ria Anggraini
Editor : Rizty Ria Anggraini

SILAMPARITV.CO.ID - Silent treatment, atau perilaku mengabaikan orang lain tanpa komunikasi, bisa sangat menyakitkan, terutama jika terjadi dalam hubungan pribadi atau profesional. 

Menurut psikolog, silent treatment adalah bentuk manipulasi emosional yang bertujuan untuk mengontrol atau menghukum orang lain dengan diam. 

Respon yang tepat terhadap silent treatment sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan hubungan. Berikut ini adalah 6 cara jitu yang bisa kamu lakukan untuk merespons orang yang suka memberikan silent treatment, menurut para ahli psikologi.

1. Tetap Tenang dan Jangan Terprovokasi

Saat menghadapi silent treatment, wajar jika merasa kesal atau frustasi. Namun, penting untuk tetap tenang dan tidak bereaksi secara emosional. 

Bereaksi dengan marah hanya akan memperburuk situasi dan memberi orang yang melakukan silent treatment kendali atas emosimu. Tarik napas dalam-dalam, dan hadapi dengan sikap tenang.

2. Berikan Waktu dan Ruang

Terkadang, orang yang memberikan silent treatment melakukannya karena membutuhkan waktu untuk berpikir atau meredakan emosi mereka sendiri.

 Jika kamu merasa ini mungkin alasannya, beri mereka ruang tanpa tekanan. Tapi pastikan komunikasi tetap terbuka setelah mereka siap berbicara kembali.

3. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

BACA JUGA:Lindungi Wajah dari Sinar Matahari! Ini 3 Loose Powder Lokal Mengandung SPF

BACA JUGA:Ini Dia Smartwatch Terbaru dari Jate untuk Aktivitas Outdoor

Psikolog mengingatkan agar tidak menyalahkan diri sendiri ketika dihadapkan pada silent treatment. Perilaku ini adalah bentuk manipulasi emosional yang bertujuan membuat kamu merasa bersalah. 

Penting untuk mengingat bahwa masalahnya bukan pada dirimu, melainkan pada cara orang tersebut mengatasi konflik.

Kategori :