Menang Comeback atas Porto, Barca Kukuh di Puncak Klasemen Liga Champions

Rabu 29-11-2023,11:12 WIB
Reporter : Reza Kurniawan
Editor : Patria P Putra

Silamparitv.co.id - Barcelona memastikan dirin lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Setelah berhasil membalikkan keadaan sipertandingan melawan Porto pada kelanjutan fase grup H Liga Champions Eropa, Barca bangkit dari ketinggalan untuk berbalik mengalahkan Porto dengan skor 2-1.

Duel Barcelona vs Porto berlangsung di Stadion Montjuic pada Rabu 29 November dinihari WIB. Porto lebih unggul duluan ketika Pepe Aquino membuat publik tuan rumah terdiam setelah membuka skor tepat saat laga berjalan setengah jam.

Joao Cancelo menginspirasi kebangkitan Barcelona. Cancelo membantu Barca menyeimbangkan skor setelah mencetak gol pada akhir babak pertama, yang membuat skuad Barca lebih percaya diri pada babak kedua.

Tak lama setelah dimulainya babak kedua, striker asal portugal Joao Felix berhasil mencetak gol untuk Barca dan membuat Barca unggul 2-1 hingga akhir pertandingan. Kemenangan tersebut membuat Barca dipastikan melaju ke fase knockout Liga Champions dengan hanya tersisa satu pertandingan.

BACA JUGA:Liga antar SSB Bintang juara Cup U12 Berlangsung Sukses

Puncak klasemen grup H kini dipimpin oleh Barca dengan koleksi 12 poin, unggul 3 poin dari Porto dan Shakhtar Donetsk yang keduanya memiliki sembilan poin.

Pada matchday 6, Barca akan menantang tim lemah Antwerp yang sudah dipastikan tersingkir. Sementara itu Porto menjamu Shakhtar.

Pertandingan berlangsung dengan cepat. Kedua tim saling menantang sejak awal. Barcelona yang mencatatkan peluang pertama melalui tembakan Raphinha yang membuat Diogo Costa melakukan penyelamatan di menit kedelapan.

Mehdi Taremi membobol gawang Barcelona di menit ke-26! Namun, gol tersebut tidak sah karena Taremi sudah dulu berada dalam posisi offside saat menerima umpan Evanilson.

BACA JUGA:Olah Raga Ringan Ini Efektif Turunkan Berat Badan, Yuk Cek

Namun, hanya berselang empat menit, Porto menciptakan gol pembuka lewat Pepe Aquino untuk mengungguli Barcelona. Skor sementara Porto 1-0 Barca.

Barcelona tak butuh banyak waktu lama untuk menciptakan gol balasan. Dua menit setelahnya, Joao Cancelo membawa Barca menyamakan skor jadi 1-1.

Sebuah peluang cantik tercipta untuk Barcelona di menit ke-35. Tusukan Raphinha diakhiri dengan umpan tarik. Joao Felix yang berdiri di kotak penalti menyambut dengan sontekan tapi bola melambung tinggi.

Jelang break babak pertama, Diogo Costa hampir saja blunder. Operan Diogo Costa justru jatuh di jalur Pedri lalu diteruskan dengan tembakan yang diblok. Bola pantulan dicecar Raphinha, untung saja tendangannya melebar.

Gantian Porto mengancam. Alan Varela bermain cantik di kotak penalti sebelum melepaskan sepakan ke sudut jauh. Inaki Pena melakukan penyelamatan dengan menghalau bola. Skor 1-1 bertahan sampai turun minum.

BACA JUGA:Jalan Santai dan Senam Sehat Peringatan HUT PGRI Ke-78 Meriah

Barcelona hampir mencatatkan gol kedua hanya sebentar setelah kickoff babak kedua. Joao Felix yang melihta ada peluang, melepaskan tendangan keras yang gagal dijangkau Diogo Costa. Namun, bola hanya menjangkau mistar gawang Porto sebelum bisa diamankan.

Ronald Araujo melakukan intersepsi krusial. Araujo berlari untuk menyapu crossing dari sayap kanan agar Taremi tidak dapat melakukan finishing.

Barcelona berbalik unggul. Pada menit ke-57, Joao Felix menciptakan gol kedua Barca sekaligus mengubah skor menjadi 2-1 atas Porto.

Umpan Frenkie de Jong ditanduk Joao Mario. Felix dengan Cacelo bermain melakukan kerja sama satu dua yang diakhiri dengan crossing datar dari sisi kiri, Felix melalukan tembakan dari depan kotak enam yard ke sudut bawah gawang porto.

BACA JUGA:Miris! Seorang Ayah Rudapaksa Anak Kandung 11 Kali di Lubuklinggau, Begini Kronologinya

Pertahanan yang bagus dari Barcelona. melalui kemelut di depan gawang, Pepe Aquino mendapatkan bola di dekat tiang tapi bisa digagalkan Inaki Pena dan Kounde. Serangan balik cepat dari Barca diakhiri oleh Ferran Torres dengan tembakan melengkung yang melebar tipis.

Usaha Barcelona mencetak gol tambahan gagal lagi. Umpan tinggi Ilkay Guendogan dari luar kotak penalti disambut Raphinha dengan tendangan salto di sudut sempit. Diogo Costa masih sigap menepis.

Statistik Barca Vs Porto


--
Statistik pertandingan Barca Vs Porto tadi malam

Kategori :