7 Cara yang Ampuh Untuk Mengurangi Rasa Gatal Pada Jerawat, Menurut Para Ahli Dermatologi

Selasa 15-10-2024,10:34 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

Meski rasa gatal bisa menimbulkan keinginan untuk menggaruk, namun aktivitas ini sebaiknya dihindari. Jerawat dapat menyebabkan luka, infeksi, dan bahkan bekas luka permanen. Alihkan perhatian Anda ke hal lain, seperti mengerjakan hal lain atau melakukan aktivitas yang menyibukkan Anda.

4. Gunakan krim atau salep antihistami


ilustrasi gunakan krim atau salep--freepik

Krim dan salep yang mengandung antihistamin dapat mengurangi rasa gatal yang disebabkan reaksi alergi ataupun infeksi. Oleskan produk ini pada area wajah atau tubuh yang berjerawat. Namun pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan produk baru.

BACA JUGA:Ladies, 5 Bahan Aktif Skincare Ini Ampuh Cerahkan Wajah Kusam

BACA JUGA:Resep Tofu Enoki yang Praktis dan Mengenyangkan

5. Cobalah kompres dingin jerawat Anda

Kompres dingin dapat meredakan kulit yang gatal. Basahi bola kapas putih dengan air dingin, gulung dan letakkan di bagian yang sakit selama 10-15 menit. Ini dapat membantu kita untuk mengurangi peradangan dan memberikan bantuan sementara.

6. Pertimbangkan perawatan medis

Jika rasa gatal pada jerawat tidak kunjung hilang, hubungi dokter kulit. Mereka mungkin meresepkan obat atau antibiotik untuk mengatasi jerawat dan menguragi peradangan yang dijual bebas untuk mengobati jerawat dan menguragi peradangan. Perawatan medis yang tepat dapat memberikan hasil yang cepat dan efektif.

BACA JUGA:4 Pilihan Moisturizer yang Diperkaya Ceramide untuk Memulihkan Skin Barrier Anda

BACA JUGA:4 Rekomendasi Tempat Nongkrong di Bengkulu, Pilihan Ideal Kaum Anak Muda untuk Berkumpul

7. Hindari paparan sinar matahari yang berlebihan

Terlalu banyak paparan sinar matahari dapat mengeringkan dan menggelapkan kulit. Saat beraktivitas di luar ruangan, apalagi jika Anda berjerawat, gunakanlah tabir surya bebas minyak yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Pilih produk yang tidak menyumbat pori-pori dan sesuai dengan jenis kulit Anda.

And bisa lebih mengelola gejala tersebut dengan tetap menjaga kebersihan, menggunakan pelembab yang tepat, dan menghindari aktivitas yang memperburuk kondisi kulit.

Jika rasa gatal tidak kunjung membaik atau semakin parah, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter kulit. Ingatlah bahwa kesabaran dan perawatan yang tepat akan membantu Anda mendapatkan kulit bersih dan sehat.

Kategori :