Resep Pempek Dos dengan Takaran Sendok, Cocok untuk Anak Kos

Jumat 18-10-2024,12:00 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

Ambil adonan seukuran sendok makan, bulatkan, lalu bentuk lonjong. Jika ingin membuat pempek isi telur, pipihkan adonan, masukkan sedikit telur yang sudah dikocok, lalu rapatkan kembali.

Rebus Pempek:


ilustrasi pempek dos--cookpad

Rebus air hingga mendidih, tambahkan sedikit minyak agar pempek tidak lengket. Masukkan pempek yang sudah dibentuk ke dalam air mendidih. Rebus hingga pempek mengapung, tanda bahwa pempek sudah matang. Angkat dan tiriskan.

Goreng Pempek:

Jika ingin pempek dos lebih renyah, goreng pempek yang sudah direbus hingga kecokelatan. Namun, pempek ini juga bisa langsung dinikmati tanpa digoreng.

Cara Membuat Kuah Cuko:

Rebus Cuko:

Campurkan gula merah, air asam jawa, dan ebi halus dalam panci kecil. Rebus dengan api kecil sambil diaduk hingga gula merah larut.

BACA JUGA:Resep Kue Apem Tepung Beras Lembut dan Enak: Bisa untuk Ide Jualan

BACA JUGA:Resep Es Buah Tropis Mudah Dibuat, Rasa Manis dan Segar

Tambahkan Bumbu:

Haluskan bawang putih dan cabai rawit, lalu masukkan ke dalam kuah. Tambahkan garam sesuai selera. Masak hingga mendidih dan kuah sedikit mengental. Angkat dan saring kuahnya.

Tips:

Pakai Sendok: Untuk mempermudah dan menghemat waktu, takaran sendok memudahkan anak kos tanpa harus menggunakan timbangan.

Isian Sederhana: Jika bahan terbatas, pempek tanpa isi juga tetap nikmat. Namun, jika ingin variasi, telur kocok sebagai isian bisa menjadi pilihan.

Kategori :