5 Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Tinggi, Bisa Bantu Cegah Anemia

Rabu 23-10-2024,09:39 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

SILAMPARITV.CO.IDVitamin B12 adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk membantu pembentukan sel darah merah, mendukung fungsi saraf, dan membantu produksi DNA. 

Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk anemia megaloblastik, yaitu jenis anemia di mana tubuh tidak mampu memproduksi sel darah merah yang cukup. 

Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B12 bisa membantu mencegah anemia serta menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Berikut adalah lima makanan tinggi vitamin B12 yang dapat Anda konsumsi, dilansir dari laman Healthline, Rabu 23 Oktober 2024:

BACA JUGA:Hanya Sarapan Dua Menu Ini Bisa Bakar Kalori Kamu, Cocok untuk yang Lagi Diet

BACA JUGA:3 Daftar Vitamin yang Cocok untuk Usia Lansia, Apa Saja?

1. Daging Sapi 


daging sapi--freepik

Daging sapi adalah salah satu sumber vitamin B12 terbaik. Dalam 100 gram daging sapi yang dimasak, terdapat sekitar 6,2 mcg vitamin B12, yang dapat memenuhi 260% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan. 

Selain itu, daging sapi juga kaya akan protein, zat besi, dan nutrisi lainnya yang membantu menjaga energi dan mencegah kelelahan akibat anemia.

2. Ikan Salmon 

Ikan salmon tidak hanya kaya akan asam lemak omega-3, tetapi juga mengandung vitamin B12 yang tinggi. 

BACA JUGA:Jarang Diketahui Ternyata 5 Manfaat Matcha Ini Bagus Untuk Kesehataan

BACA JUGA:7 Resep Makanan Ampuh Menaikkan Trombosit Secara Alami dan Efektif

Dalam satu porsi ikan salmon sekitar 100 gram, Anda bisa mendapatkan sekitar 3,2 mcg vitamin B12, yang mencakup sekitar 133% dari kebutuhan harian Anda. Konsumsi ikan salmon secara rutin bisa meningkatkan kesehatan jantung sekaligus membantu produksi sel darah merah.

Kategori :