4 Daftar Buah yang Membantu Meningkatkan Daya Ingat, Konsumsi dari Sekarang Yuk!

Sabtu 26-10-2024,09:53 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

SILAMPARITV.CO.IDMengonsumsi buah-buahan yang kaya nutrisi tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh tetapi juga dapat meningkatkan fungsi otak, termasuk daya ingat. 

Beberapa buah mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral yang berperan penting dalam melindungi sel-sel otak dari kerusakan sekaligus memperkuat koneksi saraf. 

Berikut ini adalah empat buah yang terbukti membantu meningkatkan daya ingat. Yuk, coba konsumsi dari sekarang, dilansir dari laman Hellosehat.com, Sabtu 26 Oktober 2024!

1. Blueberry


Blueberry--freepik

BACA JUGA:Kenali Perbedaan Gatal Biasa dengan Gatal Diabetes, Berikut Penjelasannya!

BACA JUGA:2 Resep Minuman Alami yang Membantu Turunkan Gula Darah, Cocok untuk Penderita Diabetes

Blueberry dikenal sebagai "superfood" karena kandungan nutrisinya yang kaya. Buah ini mengandung flavonoid, terutama anthocyanin, yang memiliki sifat antioksidan tinggi. 

Flavonoid dalam blueberry mampu meningkatkan aliran darah ke otak dan melindungi sel-sel otak dari stres oksidatif yang dapat menyebabkan penurunan kognitif. 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi blueberry secara rutin dapat meningkatkan memori jangka pendek dan panjang, terutama pada orang dewasa. Blueberry bisa dinikmati dalam bentuk segar, dicampur dalam smoothie, atau sebagai topping pada yogurt.

2. Apel

Apel adalah buah yang mudah ditemukan dan kaya akan quercetin, yaitu antioksidan yang baik untuk kesehatan otak. Quercetin membantu melawan radikal bebas yang merusak sel otak dan mengurangi risiko gangguan neurodegeneratif. 

BACA JUGA:5 Makanan yang Mengandung Vitamin B12 Tinggi, Bisa Bantu Cegah Anemia

BACA JUGA:Hanya Sarapan Dua Menu Ini Bisa Bakar Kalori Kamu, Cocok untuk yang Lagi Diet

Selain itu, apel juga mengandung vitamin C yang membantu melindungi otak dari kerusakan akibat peradangan. Mengonsumsi apel secara rutin, baik dalam keadaan segar atau jus tanpa gula tambahan, dapat membantu meningkatkan daya ingat dan menjaga kesehatan otak jangka panjang.

Kategori :