Resep Sambal Teri Kecombrang, Gurih Pedas Bikin Nafsu Makan Bertambah

Senin 28-10-2024,20:00 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani

Minyak goreng secukupnya untuk menumis

BACA JUGA:Resep Getuk Ubi Teflon yang Kenyal dan Empuk, Cobain Yuk!

BACA JUGA:Resep Orak-Arik Telur yang Lezat dan Mudah untuk Sarapan Cepat dan Bergizi

Langkah-langkah pembuatan:

Haluskan bumbu – Mulailah dengan menghaluskan cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat menggunakan ulekan atau blender. Pastikan tekstur sambal masih agak kasar agar rasa bumbu lebih terasa.

Tumis bumbu – Panaskan sedikit minyak di wajan, lalu tumis bumbu halus hingga harum dan bumbu matang. Aduk secara merata agar bumbu tidak gosong dan tercium aroma sedap dari bumbu yang telah ditumis.

Tambahkan kecombrang – Setelah bumbu harum, masukkan irisan kecombrang dan tumis sebentar hingga layu. Kecombrang akan memberikan aroma khas yang segar pada sambal ini, menambah cita rasa yang unik.

Campurkan ikan teri – Masukkan ikan teri yang sudah digoreng kering ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata agar ikan teri tercampur sempurna dengan bumbu dan kecombrang.

BACA JUGA:Resep Korean Garlic Bread yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

BACA JUGA:Resep Tumis Toge Buncis, Menu Praktis untuk Keluarga di Rumah

Bumbui sambal – Tambahkan garam dan gula secukupnya. Cicipi sambal untuk memastikan rasanya pas sesuai selera. Jika suka, bisa juga ditambahkan sedikit penyedap rasa untuk menambah gurihnya sambal.


sambal teri kecombrang--cookpad

Penyajian – Angkat sambal dari wajan dan sajikan dalam mangkuk. Sambal teri kecombrang ini siap menemani hidangan utama.

Sambal teri kecombrang ini memberikan sensasi gurih dari ikan teri dan segarnya kecombrang yang khas. Perpaduan rasa pedas dan gurihnya akan meningkatkan selera makan, apalagi jika disajikan dengan nasi hangat. Sajikan sambal ini bersama lauk pauk sederhana seperti tempe goreng, ikan asin, atau sayur lodeh untuk melengkapi hidangan yang nikmat.

Kategori :