Sebelum membeli Smartphone, Pahami Perbedaan iOS dan Android 8

Selasa 13-02-2024,15:00 WIB
Reporter : Risma
Editor : Ayu Fitriani

SILAMPARITV.CO.IDSmartphone dengan sistem operasi iOS Apple dan sistem operasi Android Google mempunyai penggemar fanatik di seluruh dunia. 

Tak jarang, banyak orang yang ingin membeli smartphone kebingungan saat menemukan perangkat dengan sistem operasi tersebut.

Menurut situs Statcounter dan GlobalStats, Android mempertahankan posisinya sebagai sistem operasi seluler terkemuka di dunia dengan pangsa pasar 70 persen pada tahun lalu. Sedangkan iOS Apple hanya rata-rata 27 persen.

Banyak diskusi di Indonesia dan luar negeri mengenai keunggulan sistem operasi Android dan iOS. Perdebatan tidak akan pernah ada habisnya karena Android dan iOS memiliki kelebihan masing-masing.

BACA JUGA:Dijual dengan Harga Segini, iPhone SE 4 Bakal Jadi Seri Termurah

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan menjelaskan perbedaan Android dan iOS.

1. Aspek Kegunaan 

iOS merupakan sistem operasi eksklusif karena sistem operasi ini dirancang khusus untuk digunakan hanya dengan produk iPhone milik Apple Inc. Namun Android merupakan sistem operasi besutan Google yang dirancang agar kompatibel dengan smartphone berbagai merek.

Karena eksklusivitas iOS, iPhone menjadi pilihan favorit banyak orang karena semua fungsi pada smartphone ini terkesan sederhana dan mudah digunakan.

BACA JUGA:Mengulik Spesifikasi Android di Bawah Harga 2 Juta: Kombinasi Terbaik antara Performa dan Keterjangkauan

iPhone juga dengan sangat hati-hati dan menyeluruh mengelola segala sesuatu yang diperbolehkan di iPhone Anda. Berbeda dengan Android yang justru menawarkan kebebasan melakukan apapun yang Anda inginkan dengan smartphone Android Anda.

2. App Store Resmi 

Hal utama yang membedakan Android dengan iOS adalah toko aplikasi resminya. Android memiliki toko aplikasi resmi bernama Google Play.

Sedangkan iOS memiliki toko aplikasi resmi bernama App Store. Toko aplikasi mana pun tidak akan pernah menawarkan aplikasi selain sistem operasi yang digunakan oleh ponsel pengguna.

BACA JUGA:Ini dia 5 Rekomendasi HP Kamera Jernih untuk Content Creator

Kategori :