Gurih dan Renyah! Belalang Goreng dari Ujungjaya Sumedang

Rabu 28-02-2024,10:22 WIB
Reporter : Ahmad Sharoni
Editor : Ayu Fitriani

SILAMPARITV.CO.IDBelalang Goreng sebenarnya adalah masakan tradisional yang terbuat dari belalang.

Meski terlihat aneh, belalang goreng rasanya enak dan juga mengandung nutrisi.

Belalang yang sering dijadikan bahan pembuatan belalang goreng merupakan belalang yang dikumpulkan masyarakat dari ladang atau sawah.

Belalang goreng merupakan salah satu menu khas di banyak daerah di Indonesia. Salah satunya terletak di Kabupaten Sumedang. Menu belalang goreng cukup populer.

BACA JUGA:Siapa Sangka, Nasi Uduk di Bogor Ini Sudah Buka Sejak 1890, Yuk Simak!

Jika berbicara kuliner khas Sumedang, ternyata tak hanya tahu saja, belalang goreng juga eksotik. Menu belalang goreng ini bisa Anda temukan di daerah Ujungjaya. Seperti yang baru-baru ini diketahui detikJabar di sebuah warung di Jalan Ali Sadikin.

Belalang goreng disajikan dengan tekstur cukup renyah dan rasa asin. Warna coklat menandakan belalang telah digoreng kering.

Cara memasak belalang sebenarnya tidak hanya digoreng saja, namun ada cara lain seperti dibuat bacem dan juga bisa dibakar/dipanggang.

Cicin (36), pemilik Warung Elqisya, mengatakan belalang goreng sudah menjadi jajanan khas kawasan Ujungjaya sejak lama. Namun makanan ini biasanya datang saat musim panen.

BACA JUGA:Kuliner Kebanggaan Indonesia! Nasi Padang Khas Minangkabau

Belalang mengikuti musim panen padi dan tebu, ujarnya.

Cicin sendiri hanya menjual belalang goreng. Makanan ini biasanya ia dapatkan dari kakaknya yang mengantarkannya ke tokonya.

Jajanan belalang goreng yang ia jual cukup populer. Pembeli biasanya memesannya terlebih dahulu.

“Iya, biasanya kakak saya mengiring ke toko sebanyak 20 paket dan biasanya sudah di pre-order, dan katanya biasanya dibeli oleh banyak orang yang lewat,” katanya.

BACA JUGA:Wajib Coba! Legitnya Seruit, Kuliner Khas Lampung

Kategori :