Inilah 10 Kebiasaan yang Dapat Mengakibatkan Baterai Smartphone Menjadi Boros

Senin 04-03-2024,11:00 WIB
Reporter : Edvin Santri P
Editor : Ayu Fitriani

Selain membiarkan Bluetooth menyala dan tidak digunakan, menyalakan Wi-Fi secara tidak sengaja juga dapat menguras baterai. Jadi sebaiknya matikan WiFi saat tidak digunakan.

5. Menggunakan charger yang rusak

Periksa charger ponsel kamu dengan lebih teliti. Jika Anda merasa kabel atau adaptor pengisi daya rusak atau ada masalah, hal itu akan membahayakan kinerja baterai ponsel kamu. Usahakan juga untuk menggunakan charger asli dari produsen terpercaya untuk ponsel kamu.

6. Nyalakan jaringan seluler meskipun koneksinya buruk. 

BACA JUGA:Teknologi Terbaru 2024: Mengintip Masa Depan yang Menjanjikan

Jika kamu berada di daerah dengan sinyal ponsel yang lemah, baterai ponsel kamu mungkin cepat habis. Ini karena ponsel kamu terus-menerus berusaha mencari sinyal, sering kali di lokasi terpencil atau pegunungan.

Untuk memperpanjang masa pakai baterai, kamu dapat mematikan fitur data seluler saat berada di area yang sinyalnya lemah atau tidak ada sama sekali.

7. Membiarkan perangkat overheat Intensitas 

penggunaan ponsel di luar ruangan dengan cuaca panas menjadi salah satu penyebab perangkat overheat. Overheating dapat memicu proses latar belakang yang lebih intens, seperti pembaruan atau sinkronisasi data yang memerlukan daya lebih besar. Maka dari itu usahakan tetap menjaga suhu ponsel meskipun sedang di luar ruangan. 

BACA JUGA:Oppo Memperkenalkan Kacamata Pintar Air Glass 3 XR Bertenaga AI

8. Jangan perbarui sistem operasi ponsel kamu 

Baterai ponsel kamu  dapat cepat habis jika sistem operasinya tidak diperbarui dalam waktu lama. Terkadang, memperbarui perangkat lunak dapat membantu memperpanjang masa pakai baterai dengan membantu perangkat kamu  menggunakan daya dengan lebih baik.

9. Membuat waktu mati layar terlalu lama.

Jika ponsel kamu  memiliki waktu pemakaian perangkat yang terlalu lama, coba sesuaikan dengan waktu pemakaian perangkat yang lebih pendek. Memang layar yang terlalu terang akan menyebabkan baterai lebih cepat terkuras.

BACA JUGA:Rekomendasi Tasbih Digital Praktis, Siap Temani Ibadah Bulan Suci Ramadhan 2024

10. Batrei Rusak. 

Kategori :