Polres Lubuklinggau Memetakan Lima Tempat Rawan Kecelakaan Selama Mudik Lebaran 2024

Sabtu 30-03-2024,17:00 WIB
Reporter : Ihsan Alvindra
Editor : Ihsan Alvindra

SILAMPARITV.CO.ID - Polres Lubuklinggau, terdapat lima titik rawan kecelakaan serta dua titik rawan kemacetan di Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan.Ketika melintasi kota ini saat mudik Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, para pemudik diminta untuk tetap berhati-hati.

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Indra Arya Yudha, melalui Kasatlantas, Agus Gunawan, menyampaikan bahwa lima titik rawan kecelakaan tersebut merupakan daerah yang sering terjadi kecelakaan dan padat lalu lintas.

"Wilayah ini memang menjadi titik rawan kecelakaan, karena lalu lintasnya padat dan jalan lurus, sehingga pengendara cenderung untuk melaju kencang," ungkap Agus  pada Jumat (30/3/2024).

BACA JUGA:Lebaran Sebentar Lagi, Ini Tips Memilih Baju Lebaran Agar Nyaman Digunakan

Titik rawan kecelakaan tersebut mencakup Jalan Soekarno Hatta di Kecamatan Lubuklinggau Utara I, Jalan Kenanga II di Kecamatan Lubuklinggau Utara II, Jalan Sultan Mahmud Badaruddin Rudin II di Kecamatan Lubuklinggau Selatan I, Jalan Garuda di Kecamatan Lubuklinggau Barat I, dan Jalan Yos Sudarso di Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

Semua titik ini merupakan jalur arus mudik Lebaran, baik menuju Provinsi Jambi maupun Provinsi Bengkulu.

Agus juga mengungkapkan bahwa lonjakan kendaraan pemudik diperkirakan mulai terjadi sejak H-8 menjelang Lebaran, terutama karena cuti bersama yang dimulai pada tanggal 6 April.

BACA JUGA:Mobil Listrik Tambah Banyak, PLN Siagakan 1.124 SPKLU Tersebar untuk Para Pemudik

"Karena Lebaran jatuh pada tanggal 10 April, terutama masyarakat lokal Lubuklinggau yang berasal dari Palembang dan daerah lainnya, sudah banyak yang pulang kampung sebelum tanggal itu," paparnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan arus mudik, Agus menjelaskan bahwa mulai tanggal 5 April akan didirikan pos-pos pengamanan dan anggota polisi akan bertugas di sejumlah titik strategis, termasuk di terminal As-salam, Terminal Kalimantan, depan Polres, serta dari RCA sampai SPBU City.

"Kemungkinan arus mudik tahun ini akan lebih ramai karena cuti bersama sangat panjang. Jika meningkat, kemungkinan kendaraan roda empat akan mendominasi lebih dari 70 persen," tambahnya.

BACA JUGA:Bahaya Filler Bibir Bagi Kesehatan Anda

Selain itu, para pemudik juga diminta untuk menghindari dua titik rawan kemacetan di Kota Lubuklinggau, yaitu di Jalan Yos Sudarso, terutama di depan Terminal Kalimantan, dan di depan Lippo Plaza Lubuklinggau. "Kedua lokasi ini sering kali ramai karena banyak masyarakat yang berbelanja di sana," jelas Agus.

Kategori :