5 Kebiasaan yang Bikin Mesin Motor Cepat Panas

5 Kebiasaan yang Bikin Mesin Motor Cepat Panas

--

SILAMPARITV.CO.IDPanas berlebih pada mesin motor bisa menjadi tanda adanya masalah atau akibat dari kebiasaan pengendara yang kurang tepat.

Mengetahui faktor-faktor yang dapat menyebabkan mesin motor cepat panas dapat membantu Anda mencegah kerusakan yang lebih serius dan menjaga kinerja mesin tetap optimal. Berikut adalah lima kebiasaan yang bisa membuat mesin motor cepat panas:

BACA JUGA:Efek Samping Mengisi Pertalite pada Mesin Mobil Xpander

1. Berkendara Lambat di Gigi Terlalu Tinggi

Salah satu penyebab utama mesin motor cepat panas adalah berkendara dengan kecepatan rendah di gigi yang terlalu tinggi. Ketika mesin dipaksa bekerja keras di gigi terlalu tinggi pada kecepatan rendah, putaran mesin akan meningkat dan menyebabkan panas berlebih.

Ini dapat merusak komponen mesin seperti kopling dan transmisi, serta meningkatkan risiko overheat. Pastikan untuk menggunakan gigi yang sesuai dengan kecepatan dan kebutuhan kondisi jalan.

BACA JUGA:Maxi Skutik GPX Drone 150 Membawa Persaingan ke Tingkat Berikutnya

2. Penggunaan Oli yang Tidak Sesuai

Penggunaan oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin atau kondisi penggunaan bisa menyebabkan mesin menjadi cepat panas. Oli yang terlalu kental atau terlalu encer tidak akan memberikan pelumasan yang optimal pada komponen mesin, yang dapat menyebabkan peningkatan gesekan dan panas berlebih.

Pastikan untuk menggunakan oli yang direkomendasikan oleh produsen motor dan rutin melakukan penggantian oli sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

BACA JUGA:Lexus LM 350 Mobilitas Mewah untuk Profesional Urban!

3. Kepadatan Lalu Lintas yang Tinggi

Berkendara dalam kondisi lalu lintas padat di area perkotaan bisa membuat mesin motor cepat panas. Ketika mesin harus terus bekerja pada kecepatan rendah atau dalam kondisi berhenti-start, mesin akan menghasilkan panas berlebih akibat pembakaran yang tidak efisien dan kurangnya aliran udara yang cukup untuk pendinginan.

Hindari berada dalam kondisi lalu lintas yang padat sebisa mungkin, atau berhenti sejenak untuk memberikan waktu pada mesin untuk mendinginkan diri.

Sumber: