Bus Kurnia

Bus Kurnia

Oleh : Dahlan Iskan

Deretan bus SAN milik Kurnia.(PO SAN)

YANG menaikkan harga BBM Sabtu lalu mungkin menyesal: mengapa tidak dulu-dulu. Enam bulan lalu, misalnya. Atau lebih awal lagi. Toh risiko sosialnya ternyata kurang lebih sama: ribut.
Kenaikan harga BBM memang ibarat momentum untuk hidup baru. Normal baru. Begitu diputuskan, banyak perhitungan harus dilakukan. Normal baru pun harus kita masuki ketika normal baru yang lama belum sepenuhnya normal.
Dan yang seperti itu sudah terjadi berkali-kali. Dulu maupun kini. Hanya yang sekarang beda: Pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berlalu. Anda masih rajin pakai masker. Masker itulah yang mengingatkan Anda: "semenderita-menderita akibat kenaikan harga BBM masih lebih menderita terkena Covid". Asal Anda tidak membandingkan dengan ini: sudah terkena Covid terkena kenaikan harga BBM pula.
Tapi mengalami penderitaan yang berat kadang positif juga: penderitaan apa pun setelah itu terasa lebih ringan.
Move on.
Kurnia pun move on: Kurnia Lesani Adnan.
Ia pemilik perusahaan bus Siliwangi Antar Nusa (SAN).
Dua tahun ia dipukul Covid-19. Kini ia dihantam lagi kenaikan harga BBM. Tidak baru. Ia sudah mengalami krisis berkali-kali dalam hidupnya. Selalu saja Kurnia mendapat karunia: bertahan sampai sekarang.
Ia sudah tidak bisa menghitung berapa banyak peristiwa kenaikan harga BBM sepanjang perjalanannya sebagai pengusaha bus.
Pukulan terbesar yang pernah ia alami justru bukan oleh Covid atau kenaikan harga BBM. "Yang berat itu perubahan gaya hidup masyarakat," ujarnya. Hampir saja itu mematikan bisnisnya. Juga bisnis teman-temannya. "Masyarakat tidak mau lagi naik bus yang asal-asalan," ujar Kurnia.
Memang konsumen bus adalah orang berpenghasilan rendah. Tapi selera orang miskin pun kini sudah berubah. Kurnia segera menyadari itu. Ia ikut berubah. Bus-bus lama ia jual. Ganti bus baru. Dengan merek yang bergengsi. Agar lebih nyaman. Dengan jumlah kursi yang dikurangi. Dengan layanan yang berbeda. "Sekarang saya hanya bergerak di angkutan bus premium," ujar Kurnia.
Bahkan Kurnia melangkah lebih jauh. Ia tidak akan mengejar status sebagai pemilik bus terbanyak. Kian banyak memiliki bus belum tentu kian sukses. Punya lebih banyak bus bukan berarti kian banyak dapat laba. Zaman berubah. "Bus saya kini tinggal 85 buah. Tapi semua premium," ujarnya.
Bus Siliwangi menjalani rute jarak jauh: Bengkulu-Jakarta. Ada yang lebih jauh lagi: Pekanbaru (Riau) - Blitar (Jatim). Sejauh 2.400 km.
Soal tarif ia ikut saja gaya pemerintah: mengumumkan kenaikan tarifnya mendadak. Lima jam setelah pemerintah menaikkan harga BBM Siliwangi langsung ikut. Inilah kenaikan tarif bus tercepat. Siang masih tarif lama sore sudah tarif baru: Pekanbaru-Blitar Rp 740.000.
Apa pun perubahan di dunia ini Kurnia akan tetap menjadi pengusaha bus. Gen di darahnya adalah gen angkutan bus. Bapaknyalah yang mendirikan SAN. Di Bengkulu. Ayah Kurnia orang Bengkulu. Keturunan Pariaman.
Sang ayah, saat muda, seorang sopir. Pegawai Pemda. Ia sopir pejabat pemerintah di Bengkulu.
Tapi ia orang Minang.
Ia pilih berhenti. Ia menyukai mesin mobil. Ia bisa memperbaiki kerusakan apa pun. Maka, daripada berhenti, ia dipindah ke bagian perbengkelen di Pemda. Zaman itu semua Pemda punya bengkel mobil sendiri.
Ia jadi kepala bengkel.
Statusnya tetap pegawai.
Ia orang Minang.
Ia berhenti.
Sang ayah bersatu dengan kakaknya. Mereka membeli bus kecil. Elf. Bus mereka terus bertambah. Berkembang lagi ke bus besar. Terus pula bertambah.
Lalu pecah kongsi.
Sang ayah mendirikan SAN.
Kurnia lahir.
Nakal.
Sekolahnya ogah-ogahan. Untung bisa tamat SMP.
Sejak SMP, Kurnia sudah lebih senang ''sekolah'' di bus. Ia ikut perjalanan jauh Bengkulu-Jakarta. Dan ke mana saja bus ayahnya berkelana. Syukurlah di Jakarta Kurnia sempat lulus STM.
Mengapa bus Bengkulu ini bernama Siliwangi?
Zaman itu di penyeberangan Merak-Bakauheni begitu banyak preman. Dalam persaingan antarpreman pun yang kalah pengusaha. Apalagi banyak oknum di dalam preman itu.
Ayah Kurnia cari godfather. Ia pernah menjadi sopir Jenderal Himawan Sutanto. Sudah seperti keluarga. Ketika sang jenderal tugas ke luar negeri pun Kurnia ditawari ikut serta.
Kelak, ketika sang ayah sudah menjadi pengusaha bus, hubungan baik itu sangat berguna. Ia mengadu soal perpremanan di Merak-Bakauheni.
"Beres," ujar Sang jenderal. "Bilang saja bus itu milik saya," tambahnya.
Tidak hanya kata-kata. Sang jenderal juga menulis oret-oret: jangan ada yang ganggu bus-bus miliknya.
Himawan lantas meminta agar bus itu ditambah kata Siliwangi di depan nama lamanya. Himawan adalah Pangdam Siliwangi. Jadilah Siliwangi Antar Nusa (SAN). Tanpa sang jenderal benar-benar memilikinya. Sampai sekarang.
Bus Siliwangi pun tidak disentuh preman. Kurnia menjaga perusahaan itu sebagai generasi kedua. Perubahan demi perubahan ia lakukan.
Salah satu perubahan pelayanan ''zaman baru'' adalah begini: misalkan bus itu mogok. Lalu dipinggirkan. Penumpang tidak perlu berlama-lama berdiri di pinggir jalan yang pengap. Perusahaan mendatangkan mobil jemputan. Penumpang diangkut ke tempat yang layak. Bisa ke fasilitas umum, ke masjid atau depot terdekat. Atas biaya perusahaan.
AC adalah mutlak. Tempat duduk yang bisa di-deglak-kan juga wajib. Plus toilet. Video. Jangan sampai tidak ada: colokan listrik untuk charging handphone.
Meski bukan yang terbesar, Kurnia dipilih menjadi ketua umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI). Anggotanya adalah generasi kedua para pengusaha bus. Mereka membangun website. Mereka menjadi satu network yang saling mendukung.
Di dalam IPOMI (berdiri tahun 2012), tergabung sekitar 30 pengusaha muda. Yang terbesar adalah Sinar Jaya: 1.200 bus. Ada lagi nama Rosalia Indah, Gra Mas, dan NPM. Bus mereka kisaran 200 sampai 400 buah.
Ketika menyebut nama NPM dahi saya mengerut. Saya seperti sering melihat bus dengan nama itu. Saya penasaran. Singkatan apa NPM itu. Ternyata itu sebuah seruan: Naikilah Perusahaan Minang. Lupakan kenaikan harga BBM –kalau bisa. (Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan pada tulisan edisi 6 September 2022: Amplop Suharso
alasroban
Sebaiknya memang bagitu Bah, Demi kemaslahatan bersama. Setiap kader partai yang menjadi pejabat publik harus melepas jabatan di partai. Cukup menjadi anggota saja. Ini untuk mengurangi potensi penyalahgunaan wewenang publik untuk kepentingan partai. Lebih sesuai darpada yang mana semangat Pancasila. "Mengutamakan kepentiangan umum di atas kepentingan pribadi atau golongan"

Ahmad Zuhri
Amplop untuk Kyai itu biasanya disebut Bisyaroh, yaitu merupakan tanda terima kasih atas jasa yang telah dilakukan seseorang yang diminta untuk melakukan sesuatu dalam hal ibadah. Bisyaroh ini bisa juga insentif atau honor untuk pengurus pondok. Tidak ada batasan berapa besar/banyak jumlahnya, karena yg diharapkan adalah keberkahan nya bukan nilai nya. Jadi ingat dawuhnya Gus Mus.. jangan cari banyaknya, tapi carilah berkahnya. Tentu saja banyak sekaligus berkah akan lebih baik hehe..

rid kc
PPP ini lumbung suaranya kantong-kantong NU tapi sayang pengurus dan ketuanya mayoritas bukan dari NU. PPP sekarang dalam kondisi sulit karena sudah ditinggalkan oleh orang NU. NU punya PKB. Sejak dulu orang NU hanya sebagai obyek saja di PPP sementara pengurusnya bukan dari NU. Inilah yang membuat suara PPP anjlok dan baru disadari sekarang. Saya pesimis PPP bisa lolos Parlimentary Threshold dalam pemilu 2024.

mpostor Among Us
Pernah menyimak penjelasan, bahwa ilmu atau penjelasan petunjuk Islam itu tidak ditarif bukan karena tabu, tapi karena nilainya sangat berharga, tidak akan sebanding dengan uang sebanyak apa pun. Karenanya maka hanya Tuhan yang punya kekayaan tak terhingga yang akan membayarnya. Walaupun begitu, masyarakat yang merasa mendapat manfaat tetap saja mengapresiasi waktu kesediaan kiyai dan ustadz itu dengan sesuatu tanda kasih. Dari mana pula bapak itu menyetarakannya dengan sogok.

Kang Sabarikhlas
Membaca CHD tentang amplop…ya begitulah, kita harus belajar bijaksana. Yang utama bila ada pergantian bisa dilakukan dengan damai dan legowo. Saya justru asyik dengan cerber "Siapa membunuh Putri" berdasarkan kisah nyata. Enak dibaca dan perlu, juga selalu ada yang baru (baru kemarin he.he.he). Anu…saya jadi ingat kayak konflik di Daily Planet antara Perry White dan Lois Lane+Clark Kane di film. Saya jadi semangat baca CHD bila ada 2 artikel utama… Tapi, duh.. ada tapinya, dengarkan lagu ini… "Aku moco disway rokokan, …Bojo ngomel kopi rong sasetan".

Er Gham
Amplop kategori ini diberikan saat pamit. Bersifat pribadi. Berbeda dengan amplop proyek. Walaupun sudah jaman serba digital, amplop proyek lebih 'aman' diberikan dalam bentuk cash. Tidak melalui rekening. Tidak terlacak PPATK. Biasanya juga dihindari untuk diberikan di rumah atau kantor. Lebih aman diberikan saat di parkiran mobil atau dalam mall. Kalo bisa, yang tidak termonitor CCTV. Amplop proyek diberikan sebelum proyek dimulai. Pakai uang pribadi dulu, nanti tinggal dipotong jika uang proyek sudah cair. Dipecah dalam banyak amplop, dengan jumlah nominal yang berbeda. Isi amplop tergantung 'kapasitas' si penerima. Jadi berbeda beda. Misalkan proyek senilai 10 miliar, maka disiapkan amplop 3 miliar. Rugi dong penerima proyek? Ya enggak lah, khan 3 miliar itu nilai mark up nya. Nilai proyeknya sendiri hanya 7 miliar. Jadi dari 3 miliar, disiapkan banyak amplop. Ada yang terima 2 miliar, 500 juta, 100 juta, bahkan ada yang cuma 5 juta. Yang 5 juta diberikan ke kroco kroco kecil. Sedangkan yang terima 2 miliar ini yang biasanya kena OTT KPK. Apakah diberikan sekaligus? Tidak, sesuai proyek berjalan. Ada yang diawal, ada yang di tengah sebagai biaya maintenance, ada pula yang di akhir proyek sebagai pengaman setelah proyek selesai. Apakah ini cerita yang benar? Tentu saja, uraian saya hanya fiksi saja. Hanya imajinasi, karena 'penasaran' tentang bagaimana sih praktek teknis korupsi di negara kita.

Fenny Wiyono
Amplop itu termasuk suap atau tidak adalah pada tujuan di berikannya amplop. apabila Amplop yg di berikan kepada Kiai tersebut tidak membuat penerimanya melawan hati nurani, malawan hukum (negara dan agama) yg berlaku, tidak untuk menindas org yg tidak bersalah, tidak untuk memanipulasi suatu keadaan ya harusnya tidak ada masalah kan??? lagian masa mau kasih kiai di ewer2 kayak org nyawer?

Jokosp Sp
PPP ( Pengikut Partai Paling sak umprit ). Kemarin - kemarin gag jelas mau dibawa ke mana. Ke depan mau ke mana ?

Agus Suryono
PENGGANTIAN KETUM MENJELANG PEMILU.. Kayaknya penggantian KETUM menjelang Pemilu, baik untuk P3. Supaya strategi pemenangan bisa diperbaiki. Terutama, karena pencapaian Pemilu terakhir sangat minim, maka strategi MENCEGAH TERPENTAL dari SENAYAN, harus menjadi PRIORITAS. Tetapi karena pada jaman 3 partai, P3 pernah menang, termasuk mengalahkan Golkar di DKI, maka "MODAL DASAR" itu perlu "DIULIK" lagi. Meskipun sebenarnya, saat itu bisa menang, antara lain, karena unsur yang sekarang ada di PAN, PKS, PKB - semua masih ngumpul di P3. @Ini analisis orang awam..

Em Ha
NITIP TANYA Abah nitip tanya untuk Menkeu ibu SRI MULYANI : Harga Pertalite (SPBU Pertamina) 10.000, sudah disubsidi lebih kurang 3000 sampai 4000 kata bu menteri, karena harga keekonomiannya +/- 14.000 Harga Revvo99 (VIVO) 10.900 setelah diprotes pemerintah, sebelumnya bisa jual lebih murah dari Pertalite. Titip tanya : 1. Berapa sebenarnya besaran subsidi perliter pertalitenya biar tau juga kita berapa besaran duit yang diterima kalau isi BBM? koq bisa swasta jual lebih murah dari harga keekonomian menurut hitungan pemerintah? 2. Waktu harga ICP atau minyak dunia 20-40 dollar perbarel, kenapa tidak dihitung berapa besaran subsidi masyarakat untuk pemerintah atau pertamina.?

Er Gham
Para koruptor misalnya. Saat sekolah SD, SMP, sampai kuliah, mereka adalah orang orang yang polos dan jujur. Tapi sedikit demi sedikit belajar kebohongan demi kebohongan. Sehingga tidak merasa bersalah ketika korupsi.

Sumber: