7 Amalan yang Dapat Pahala Setara Umrah dan Haji

7 Amalan yang Dapat Pahala Setara Umrah dan Haji

7 Amalan yang Dapat Pahala Setara Umrah dan Haji--

SILAMPARITV.CO.IDMenunaikan ibadah haji dan umrah adalah impian banyak umat Muslim di seluruh dunia. Namun, karena berbagai alasan seperti biaya dan kesehatan, tidak semua orang dapat menunaikannya.

Islam, sebagai agama yang penuh rahmat, memberikan peluang bagi umatnya untuk mendapatkan pahala yang setara dengan haji dan umrah melalui amalan-amalan tertentu. Berikut adalah tujuh amalan yang diyakini dapat memberikan pahala setara dengan ibadah haji dan umrah:

1. Sholat Subuh Berjamaah dan Berdzikir Hingga Matahari Terbit

Salah satu amalan yang memiliki pahala besar adalah sholat subuh berjamaah di masjid, kemudian berdzikir hingga matahari terbit, dan melanjutkannya dengan sholat dua rakaat.

BACA JUGA:Ini Burung dengan Rekor Penerbangan Tercepat di Dunia

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang shalat Shubuh berjamaah, lalu duduk berdzikir kepada Allah sampai matahari terbit, kemudian shalat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umrah, yang sempurna, sempurna, sempurna" (HR. Tirmidzi).

2. Berjalan ke Masjid untuk Sholat Berjamaah

Berjalan ke masjid untuk melaksanakan sholat berjamaah juga termasuk amalan yang mendapatkan pahala besar.

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk melaksanakan sholat fardhu di masjid, maka pahalanya seperti pahala orang yang sedang berhaji dalam keadaan ihram" (HR. Abu Dawud).

BACA JUGA:5 Rekomendasi Parfum Non Alkohol yang Tahan Lama, Terbaik!

3. Menunaikan Sholat Dhuha

Sholat dhuha adalah sholat sunnah yang dilakukan setelah matahari terbit hingga menjelang waktu dzuhur.

Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang melaksanakan sholat dhuha dengan konsisten, maka dosanya akan diampuni meskipun sebanyak buih di lautan" (HR. Tirmidzi). Sholat dhuha juga dapat mendatangkan rezeki dan keberkahan dalam hidup.

4. Membaca Al-Qur'an dan Mengamalkannya

Sumber: