Apa Bedanya Oli Motor Murah vs Mahal? Cek di Sini!

Apa Bedanya Oli Motor Murah vs Mahal? Cek di Sini!

ilustrasi oli mesin motor--

SILAMPARITV.CO.IDSaat ini ada banyak sekali merk dan tipe oli motor. Ada yang harganya puluhan ribu dan ada pula yang ratusan ribu per liter. 

Banyak orang yang mengira oli motor murah dan mahal memiliki kelebihan yang sama, yakni sama-sama melumasi mesin. Anggapan tersebut tidaklah salah.

Karena tugas oli adalah melumasi mesin. Namun kualitas pelumas oli mahal dan oli murah berbeda. Berikut beberapa perbedaan oli mahal dan murah yang perlu Anda ketahui.

Oli motor dengan harga mahal biasanya dibuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi. Komposisi oli ini telah dikembangkan dan diciptakan secara khusus untuk memberikan perlindungan mesin yang optimal. 

BACA JUGA:Bakal Jadi Pesaing Honda ADV350, Ini Wujud Motor Baru Kymco X350 Skutik Adventure

Oleh karena itu, oli yang mahal biasanya mengandung bahan aditif yang dapat melindungi bagian-bagian mesin dari keausan, gesekan, dan korosi. 

Selain itu, kotoran dari boiler selama pembakaran membersihkan ruang mesin. 

Oleh karena itu, oli yang mahal biasanya menjaga kestabilan performa mesin dengan memperpanjang umur komponen mesin, yang biasanya terbuat dari bahan berkualitas rendah. Tentu saja produsen minyak murah hanya mencari harga jual terendah. 

Semakin murah harganya, semakin bagus pula penjualannya, sehingga oli murah jarang mengandung bahan tambahan yang dapat melindungi bagian-bagian mesin.

BACA JUGA:Jadi Pilihan Motor Sport Gaya Neo Retro, Segini Harga Yamaha XSR 155

Selain itu, penggunaan oli yang murah dan berkualitas rendah juga mempengaruhi performa mesin.

Oli yang lebih mahal biasanya terbuat dari bahan berkualitas tinggi, sehingga memberikan pelumasan yang maksimal serta mengurangi keausan dan gesekan pada bagian-bagian mesin. Sebab, tenaga tarikan mesin pasti lebih sensitif. 

Selain itu, suara mesin yang diisi oli mahal biasanya terdengar lebih halus. Pasalnya, oli melumasi seluruh bagian mesin dengan sempurna. 

Pada saat yang sama, oli murah biasanya tidak melumasi mesin dengan sempurna. Akibatnya masih terjadi gesekan antar komponen yang dapat menyebabkan komponen aus. 

Sumber: