Keistimewaan Puasa Arafah, Dapat Menghapus Dosa Selama Dua Tahun

Keistimewaan Puasa Arafah, Dapat Menghapus Dosa Selama Dua Tahun

Keistimewaan Puasa Arafah, Dapat Menghapus Dosa Selama Dua Tahun--freepik

SILAMPARITV.CO.IDPuasa Arafah adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan dalam Islam, terutama pada hari ke-9 bulan Zulhijjah.

Puasa ini memiliki banyak keistimewaan dan keutamaan yang membuatnya istimewa di antara amalan Puasa lainnya. Berikut adalah beberapa keistimewaan Puasa Arafah yang perlu diketahui oleh umat Muslim.

1. Menghapus Dosa Dua Tahun

Salah satu keutamaan terbesar puasa Arafah adalah janji penghapusan dosa. Rasulullah SAW bersabda: "Puasa hari Arafah, aku berharap kepada Allah agar menghapuskan dosa setahun sebelumnya dan setahun setelahnya." (HR. Muslim)

BACA JUGA:Ini Kekurangan dan Kelebihan Kanopi Kaca, Wajib Tahu Sebelum Pasang

Hadis ini menunjukkan bahwa puasa Arafah memiliki keutamaan yang luar biasa dalam menghapus dosa-dosa kecil selama dua tahun, yakni tahun sebelumnya dan tahun yang akan datang. Ini memberikan kesempatan besar bagi setiap Muslim untuk meraih ampunan dan rahmat Allah SWT.

2. Mendekatkan Diri kepada Allah

Puasa Arafah adalah salah satu bentuk ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah. Dengan berpuasa, seorang Muslim menunjukkan ketundukan dan kepatuhan kepada perintah Allah. Ini adalah waktu yang tepat untuk memperbanyak ibadah, doa, dan dzikir, memohon ampunan dan ridha-Nya.

3. Mengikuti Sunnah Rasulullah SAW

BACA JUGA:Dijuluki Ikan Raksasa, Ini 4 Rekor Penangkapan Ikan Lele Terbesar di Dunia

Puasa Arafah adalah sunnah yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Dengan berpuasa pada hari Arafah, seorang Muslim mengikuti jejak dan contoh yang telah ditetapkan oleh Nabi Muhammad SAW. Melaksanakan sunnah ini berarti menjalankan amalan yang dicintai oleh Allah dan Rasul-Nya.

4. Keberkahan dan Pahala yang Melimpah

Hari Arafah adalah salah satu hari yang penuh berkah. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban, Rasulullah SAW bersabda: "Tidak ada hari yang lebih banyak Allah membebaskan hamba-Nya dari api neraka daripada hari Arafah."

Keberkahan hari Arafah sangat besar, dan Allah SWT banyak membebaskan hamba-Nya dari api neraka pada hari ini. Pahala puasa Arafah juga berlipat ganda, memberikan peluang besar bagi setiap Muslim untuk meraih rahmat dan ridha Allah.

Sumber: