Berbagai Minuman yang Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol

Berbagai Minuman yang Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol

Berbagai Minuman yang Bisa Membantu Menurunkan Kolesterol--freepik

SILAMPARITV.CO.IDKolesterol adalah molekul lemak yang esensial bagi tubuh manusia. Tubuh memerlukan kolesterol untuk memproduksi sel-sel sehat, hormon tertentu, dan vitamin D.

Namun, jika kadarnya terlalu tinggi, kolesterol dapat memicu penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung. Ada beberapa minuman yang dipercaya mengandung senyawa yang dapat membantu menurunkan atau menjaga kadar kolesterol tetap stabil. Apa saja minuman tersebut?

1. Jus Wortel

Jus wortel, mirip dengan jus apel, kaya akan serat larut. Serat larut membantu mengikat kolesterol jahat dan mengeluarkannya dari tubuh.

Selain itu, jus wortel kaya akan kalsium dan vitamin C, yang membantu metabolisme kolesterol sehingga lebih mudah dikeluarkan oleh tubuh. Jus wortel juga mengandung antioksidan kuat bernama betakaroten yang membantu mengurangi oksidasi LDL.

BACA JUGA:Konsumsi Strawberry Secara Rutin Efektif Cegah Demensia

2. Teh Hijau

Menurut Healthline, teh hijau adalah salah satu minuman sehat yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Ini karena teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Disarankan untuk memilih teh hijau daun untuk mendapatkan manfaat maksimal, karena teh hijau celup telah melalui banyak proses pengolahan yang dapat mengurangi manfaatnya.

3. Air Lemon

Air lemon tidak hanya bagus untuk menurunkan berat badan, tetapi juga efektif mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

BACA JUGA:Kandungan Nutrisi Susu Evaporasi, Ternyata Banyak Manfaatnya

Air lemon kaya akan antioksidan dan pektin, serat larut yang baik untuk kesehatan jantung. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kulit lemon yang mengandung d-limonene dapat menurunkan kadar trigliserida.

4. Jus Apel

Sumber: