Penerimaan Mahasiswa Baru Lewat Jalur USMB di UNSRI Sudah Dibuka, Catat Tanggalnya!

Penerimaan Mahasiswa Baru Lewat Jalur USMB di UNSRI Sudah Dibuka, Catat Tanggalnya!

Welly Jasrial Tanjung--detik.com

SILAMPARITV.CO.IDUniversitas Sriwijaya (Unsri) telah memulai pembukaan pemilihan mahasiswa baru melalui jalur independen yang akan dibuka pada Kamis, 13 Juni 2024 pukul 15.00 WIB.

Penerimaan mahasiswa baru melalui jalur mandiri ini setelah lulus Ujian Masuk Peserta Didik Baru (SNPMB) melalui Jalur Masuk Nasional Berbasis Tes (SNBT).

Rektor Unsri Taufiq Marwa mengatakan, penerimaan mahasiswa baru melalui Ujian Saringan Masuk Bersama (USMB) dimulai hari ini dan proses pendaftarannya dapat diakses di website resmi Unsri https://USMB.Unsri.ac.id/Main/pendaftaran.

“USMB dibuka mulai hari ini hingga 21 Juni 2024,” kata Taufiq, dikutip dari detik.com, Sabtu 15 Juni 2024.

BACA JUGA:Astronom Temukan Planet Gliese 12b yang Memiliki Persamaan dengan Bumi, Apakah Layak Dihuni?

Pada tahun 2024, calon SNBT Unsri yang belum lulus dapat segera mendaftar pada jalur mandiri yang ujiannya akan dilaksanakan di kampus Indralaya pada tanggal 23 hingga 26 pada bulan Juni 2024.

Pengumuman konfirmasi jalur independen selanjutnya dijadwalkan pada tanggal 8 Juli 2024 pukul 15:00 WIB. Total kuota mahasiswa baru yang diterima UNSR untuk seluruh mata kuliah mencapai 8.690 tempat pada tahun ini.

“Hari ini pukul 15.00 WIB pengumuman jalur SNBT melalui UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) dari 21 ribu calon dengan kuota penerimaan 4 ribu dari setiap gelombang atau total siswa baru sebanyak 8 ribu,” ujarnya.

Kuota berasal dari penerimaan kapasitas panggilan 1738 atau rute SNBP diterima 20%, 4345 minimal 50% pada rute SNBT dan sisa kuota rute mandiri diterima dengan kuota 2607.

BACA JUGA:Ingin Jadi Jagoan Sains? Yuk Simak Cara Registrasi Online Lomba KSM Kemenag

“Calon mahasiswa baru yang lulus agar mendaftar kembali, dan bagi yang tidak diterima tetap mempunyai pilihan untuk belajar mandiri di perguruan tinggi negeri khususnya Unsri,” ujarnya.

Jumlah program studi (prod) masing-masing fakultas di Unsr sebanyak 61 program studi, dimana peminat terbesar dari segi calon mahasiswa potensial adalah 2.257 calon mahasiswa yang memilih prodi kedokteran dan 1.944 calon mahasiswa yang memilih manajemen.

Angka ini berdasarkan Seleksi Nasional Pendaftar Baru (SNPMB) bagi pelamar jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dari dua angkatan pendaftaran pada April-Mei 2024. Pengumuman kelulusan dilakukan Kamis, 13 Juni.

“Bagi yang berminat dengan kurikulum keilmuan eksakta tetap Fakultas Kedokteran dan Administrasi Sosial,” imbuhnya.

Sumber: